PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI DENGAN MENGGUNAKAN METODE FIELD TRIP SISWA KELAS X MIPA 1 SMA NEGERI 1 DARUL IMARAH
Kata Kunci:
Kata Kunci: kemampuan menulis, teks laporan hasil observasi, metode field tripAbstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi dari kemampuan siswa kelas X MIPA 1 dalam menulis teks laporan hasil observasi masih rendah. Upaya peningkatan tersebut, maka digunakan metode field trip. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan siswa menulis teks laporan hasil observasi setelah digunakan metode field trip. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Teknik pengumpulan data melalui tes hasil belajar siswa dan observasi data siswa dan guru, yang dianalisis secara kualitatif. Subjek dalam penelitian ini terdiri 30 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan menulis teks laporan hasil observasi siswa dapat dilakukan dengan menggunakan metode field trip. Hasil tes siklus I diperoleh skor rata-rata sebesar 62,69 dalam kategori cukup sementara siklus II diperoleh nilai rata-rata sebesar 82,29. jadi, dari siklus I kesiklus II terjadi peningkatan. Dan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan metode field trip dalam pembelajaran dapat meningkatkan hasil keterampilan menulis teks laporan hasil observasi pada siswa kelas X MIPA 1 SMAN 1 Darul Imarah.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.