PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS ANEKDOT MELALUI METODE DISCOVERY LEARNING PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 11 ACEH BARAT DAYA

Penulis

  • Rika Arisma Universitas Bina Bangsa Getsempena

Kata Kunci:

Discovery Learning, Teks Anekdot

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil menulis teks anekdot siswa kelas X SMA Negeri 11 Aceh Barat Daya dengan menggunakan metode pembelajaran discovery learning. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK).  Subjek penelitian sebanyak 32 siswa. Teknik pengumpulan menggunakan teknik observasi, wawancara, tes dan dokumentasu. Berdasarkan hasil penelitian dapat dilihat kualitas pembelajaran menulis teks anekdot meningkat dengan menggunakan metode pembelajaran discovery learning. Hal ini terlihat dari skor rata-rata menulis anekdot sebelum diberi tindakan adalah 64,53, setelah diberi tindakan pada akhir siklus I skor rata-rata menjadi 75,58. Skor rata-rata menulis teks anekdot pada akhir siklus II yaitu 85,00. Hal tersebut menunjukkan adanya peningkatan sebesar 20,47 poin. Secara keseluruhan pada akhir siklus II ini semua aspek dan kriteria menulis anekdot mengalami peningkatan yang cukup meningkat.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-04-14

Terbitan

Bagian

Pendidikan Bahasa Indonesia