Analisis kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas Vll Pada Materi Bilangan Bulat Di SMP Negeri 16 Banda Aceh

Penulis

  • rafina rafina Universitas Bina Bangsa Getsempena

Kata Kunci:

Kemampuan berpikir kreatif, bilangan bulat.

Abstrak

Kemampuan berpikir kreatif memiliki kedudukan yang sangat penting, dengan dilatihkannya keterampilan berpikir kreatif siswa mampu menghasilkan gagasan-gagasan baru yang inovatif, berpikir dari berbagai sudut pandang dalam memecahkan sebuah masalah. Sehingga penalaran siswa menjadi lebih luas dan pengetahuan yang diterima siswa menjadi lebih kompleks. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VII SMP Negeri 16 Banda Aceh ditinjau dari kefasihan (fluency) dan keluwesan (flexibility) pada materi bilangan bulat. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan metode kualitatif. Subjek penelitian sebanyak 3 orang siswa yaitu siswa nilai tertinggi, sedang dan rendah. Data dikumpulkan melalui tes, wawancara, observasi dan dokumentasi, data yang terkumpul kemudian dianalisis melalui teknik kualitaif secara interaktif dan berlangsung secara terus menerus sampai tuntas yaitu klasifikasi, reduksi, penyajian, penafsiran, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pada indikator kefasihan (fluency), dua dari tiga subjek sudah memenuhi yaitu TA dan BNP. Dapat dilihat bahwa kedua subjek mampu memahami masalah dengan baik. Setiap subjek mampu menyelesaikan soal dengan langkah-langkah yang tepat dan dengan hasil akhir yang benar. (2) Pada indikator keluwesan (flexibility), hanya subjek TA dan BNP yang memenuhi indikator keluwesan (flexibility) karena mampu penyelesaian soal yang berbeda dengan hasil akhir yang sama dan benar. Sedangkan subjek RAs, indikator keluwesan (flexibility) belum dipenuhi karena belum mampu menggunakan metode atau cara penyelesaian yang berbeda dalam menghadapi masalah matematika.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-04-14

Terbitan

Bagian

Pendidikan Matematika