PENGARUH PENGGUNAAN VIDEO VISUAL PADA PEMBELAJARAN TEKNIK DASAR RENANG GAYA KUPU-KUPU DENGAN LATIHAN PUSH UP DI SDN 1 SINGKIL
Kata Kunci:
Pengaruh, penggunaan video visual, pada pembelajaran teknik dasar renang kupu-kupu, dengan latihan push upAbstrak
Menurut Abdullah dalam (Rusli, 2010:7) hasil belajar merupakan indikator kualitas dan pengetahuan yang dikuasai oleh murid. Di dalam istilah hasil belajar, terdapat dua unsur di dalamnya, yaitu unsur hasil dan unsur belajar.
Penelitian ini berjudul: “Pengaruh Penggunaan Video Visual Pada Pembelajaran Teknik Dasar Renang Gaya Kupu-Kupu Dengan Latihan Push Up DI SDN 1 SINGKIL”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Video Visual Pada Pembelajaran Teknik Dasar Renang Gaya Kupu-Kupu Dengan Latihan Push Up DI SDN 1 SINGKIL. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah terdapat pengaruh penggunaan video visual pada pembelajaran teknik dasar renang gaya kupu-kupu dengan latihan push up di SDN 1 Singkil. Metode yang digunakan pada penelitia ini adalah kuantitatif digunakan apabila ingin mengetahui pengaruh perlakuan (treatment) tertentu terhadap pretest-posstest. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa siswi kelas 5A SDN 1 Singkil tahun 2022/2023 yang berjumlah 20 siswa. Adapun teknik pengambilan sampel yaitu cluster sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan tes teknik dasar renang gaya kupu-kupu. Teknik analisis data yang digunakan dengan menghitung nilai rata-rata (mean), standar deviasi dan dan uji beda dua rata-rata (t.test). Berdasarkan hasil penelitian terdapat pengaruh penggunaan video visual pada pembelajaran teknik dasar renang gaya kupu-kupu dengan latihan push up di pengaruhi beberapa faktor lain, hanya 1,21 teknik dasar renang gaya kupu-kupu di pengaruhi latihan push up.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.