PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN PMRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD PADA MATERI KUBUS DAN BALOK

Penulis

  • Siti Zahara
  • Fitriati Fitriati
  • Mik Salmina

Kata Kunci:

Pengembangan, Pendekatan Matematika Realistik (PMRI), Perangkat Pembelajaran

Abstrak

Permasalahan yang dihadapi dalam pembelajaran matematika adalah siswa kurang berperan aktif dalam proses pembelajaran, hal tersebut berpengaruh pada kemampuan siswa dalam memecahkan masalah matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan perangkat pembelajaran berupa RPP dengan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMRI) pada materi kubus dan balok untuk siswa kelas V SD. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan atau  Research and Development. Model penelitian ini mengacu pada pengembangan PLOMP yang terdiri dari 5 fase yaitu: tahapan investigasi awal (preliminary investigation), fase desain (design), fase realisasi/kontruksi (realization/construction), fase tes, evaluasi dan revisi (test, evaluation and revision), dan fase implementasi (implementation). Mengingat COVID-19 maka subjek penelitian ini adalah 8 orang peserta didik kelas V SD. Perangkat pembelajaran memenuhi kriteria valid berdasarkan penilaian oleh 3 orang validator. Maka kualitas rencana perangkat pembelajaran (RPP) ditinjau dari aspek kevalidan diperoleh skor rata-rata ialah 3,60 dari maksimal 4,00. Kualitas Lembar Kerja Siswa (LKS) ditinjau dari aspek kevalidan diperoleh skor rata ialah 3,68 dari skor  maksimal 4,00. Kemudian untuk kualitas soal ditinjau ditinjau dari aspek kevalidan diperoleh skor rata-rata ialah 3,75 dari skor maksimal 4,00. Sedangkan untuk kualitas media yang ditinjau dari aspek kevalidan diperoleh skor rata-rata ialah 3,89 dari skor maksimal 4,00. Maka hasil analisis tersebut termasuk kriteria A. Mengenai hasil belajar siswa diambil dengan cara memberikan lks dengan jumlah 10 butir soal. Maka skor nilai yang diperoleh dari grup A adalah 100 sedangkan grup B 90.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-03-02

Terbitan

Bagian

Pendidikan Matematika