PENGEMBANGAN MEDIA POP UP BOOK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA KELAS V PADA PEMBELAJARAN IPA TEMA LINGKUNGAN SAHABAT KITA.

Penulis

  • Refita Ningsih
  • Haris Munandar
  • Safrina Junita

Kata Kunci:

Media pop up book,lingkungan sahabat kita, pembelajaran IPA

Abstrak

Penelitian ini akan mengukur satu tingkat proses yaitu mengembangkan media pop up book. Setiap proses pembelajaran membutuhkan kemampuan berfikir kreatif yang dimana salah satunya guna untuk mengembangkan media pop up book. Media pop up book adalah sebuah buku yang menampilkan potensi untuk bergerak dan interaksinya melalui penggunaan kertas sebagai bahan lipatan, gulungan, bentuk, roda atau putarannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Bagaimana Pengembangan Media Pop -Up Book Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif siswa kelas V Pada pembelajaran IPA tema Lingkungan Sahabat Kita. penelitian ini disusun dan dikembangkan berdasarkan 10 tahapan yang terdiri dari potensi masalah, pengumpulan data, desain media, validasi media, revisi media, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, produk massal. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan Validasi ahli dan Angket respon siswa pada tahap uji coba. Berdasarkan ahli validasi maka diperoleh informasi bahwa media pop up book sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran dan persentase kelayakan mencapai 98,5% hasil  respon peserta didik pada tahap uji coba yang melibatkan peserta didik SD kelas V yang berjumlah 4 orang didapatkan data hasil uji coba terhadap media pop up book. Secara keseluruhan dari 10 pertanyaan persentase  yang menjawab ( YA)sebanyak 95 % dan siswa yang menjawab (Tidak) dengan persentase 5% sehingga dapat disimpulkan bahwa peserta didik sangat tertarik menggunakan media pop up book pada proses pembelajaran IPA dikelas V tema lingkungan sahabat kita.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-03-02

Terbitan

Bagian

Pendidikan Guru Sekolah Dasar