PENGEMBANGAN MEDIA POSTER PELESTARIAN MAKHLUK HIDUP UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR PADA PEMBELAJARAN IPA TEMA 6 SUBTEMA 3

Penulis

  • Vitria Sri Ayuni
  • Haris Munandar
  • Safrina Junita

Kata Kunci:

Pengetahuan, Media poster pembelajaran IPA

Abstrak

Berdasarkan wawancara dan hasil informasi yang diperoleh peneliti diperlukan upaya untuk mengembangkan media pembelajaran seperti media poster pelestarian makhluk hidup untuk menumbuh  kembangkan pemehaman pemahaman siswa di dalam mempelajari materi yang diberikan oleh guru. Tujuan ini adalah untuk mengetahui pengembangan poster pelestarian makhluk hidup sebagai media pembelajaran siswa kelas IV SD pada pemebelajaran IPA tema 6 subtema 3. Media poster merupakan media garafis yang menyajikan fakta, ide gagasan yang menyampaikan melalui kata-kata, kalima angka-angka dan gambar. Model pengembangan yang digunakan  dalam penelitian ini adalah model pengembangan 4-D (Four D) yang merupakan model pengembangan 4-D terdiri dari 4 tahap yaitu Defign, Desaign, Develop, Dissiminate. Penelitian ini dilaksanakan  disekolah dasar yaitu untuk melakukan uji coba produk dan penerapan dari produk yang dihasilkan, yaitu berupa poster pelestarian makhluk hidup. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan intrumen pengumpulan data berupa lembar validasi dan lembar angket siswa. Data yang dianalisis  dalam penelitian ini adalah hasil validasi  dari dosen ahli media dan dosen ahli materi, serta respon siswa terhadap media pembelajaran poster. Persentase kelayakan sebesar 87,5% sehingga hasil diperoleh dengan kriteria sangat layak. Berdasarkan hasil analsis angket uji coba produk pada siswa diperoleh persentase responden yang memberikan  tanggapan ya (Ya) sebesar 80%, sedangkan persentase responden yang memberikan tanggapan tidak (T) tertarik sebesar 16%. Dari hasil persentase, maka dapat dikatakan bahwa peserta didik tertarik menggunakan media poster pada pembelajaran IPA dikelas IV sekolah dasar pada tema 6 subtema 3.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-03-02

Terbitan

Bagian

Pendidikan Guru Sekolah Dasar