PENGARUH MODIFIKASI PEMANASAN MENGGUNAKAN PERMAINAN TERHADAP MINAT SISWA MENGIKUTI PELAJARAN PJOK DI KELAS V MIN 12 BIREUEN

Penulis

  • Risna Malinda Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Zikrur Rahmat
  • Zulheri Is

Kata Kunci:

Modifikasi pemanasan, Permainan, Minat belajar.

Abstrak

Minat belajar siswa merupakan salah satu indikator yang sangat penting diperhatikan agar kegiatan pembelajaran dapat berjalan dengan baik dan lancar. Permasalahan minat siswa mengikuti pelajaran PJOK di MIN 12 Bireuen tidak terlepas dari kurang tepatnya model dan pendekatan pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran PJOK, maka dari itu dilakukan upaya perbaikan dengan memodifikasi pemanasan menggunakan permaian. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh modifikasi pemanasan menggunakan permainan terhadap minat siswa mengikuti pelajaran PJOK di MIN 12 Bireuen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain pra eksperimen, sampel dalam penelitian sebanyak 28 orang siswa, data dikumpulkan melalui angket. Data yeng terkumpul kemudian dianalisis menggunakan uji beda rata (t-test). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan minat siswa mengikuti pelajaran PJOK setelah dilakukan modifikasi pemanasan menggunakan permainan yang ditunjukkan dengan nilai rata-rata pre test sebesar 67,5 sedangka nilai post test adalah 94,64. Minat siswa terhadap pembelajaran PJOK sebelum modifikasi pemanasan sebesar 54%, setelah modifikasi pemanasan menggunakan permainan, minat siswa meningkat menjadi 75,71% atau meningkat sebesar 21,71%. Peningkatan minat siswa mengikuti pelajaran PJOK diperkuat dengan uji hipotesis bahwa harga thitung > harga ttabel (11,12 > 1,70). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa modifikasi pemanasan menggunakan permainan kecil berpengaruh terhadap minat siswa mengikuti pelajaran PJOK siswa kelas V MIN 12 Bireuen.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-10-24

Terbitan

Bagian

Pendidikan Jasmani