PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM INVESTIGATION BERBANTUKAN LKPD PADA SISWA KELAS X MAN 2 ACEH BESAR 5c

Penulis

  • Rahmadani Syahfitri Universitas Bina Bangsa Getsempena

Kata Kunci:

Kata kunci : Hasil belajar, Model pembelajaran kooperatif, team investigasion, LKPD

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar matematika siswa kelas x MAN 2 Aceh besar penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe _team investigation_ berbantukan LKPD. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 2 MAN 2 Aceh besar dengan jumlah siswa yang menjadi sampel penelitian ini adalah 25 siswa yang terdiri dari 12 siswa perempuan dan 13 siswa laki-laki yang digunakan teknik simple random sampling metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen, jenis eksperimen yang digunakan adalah _pre-experimen_ dengan desain yaitu _one-group_ pretes-potest.Data dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan tes, dokumentasi dan observasi. Hasil kesimpulan dari penelitian ini adalah model pembelajara kooperatif tipe _team investigation_ dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X MAN 2 Aceh Besar. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata hasil belajar siswa yang meningkat dari 48,1 menjadi 80,28 saran untuk guru dan calon guru matematika hendaknya selalu berimprovisasi menggunakan model, strategi, atau pendekatan inovatif, yang mampu memberikan pengalaman belajar bermakna bagi peserta didik, sehingga peserta didik dapat mengaplikasikannya dalam kehidupan nyata.
*Kata kunci*: Prestasi Belajar, Model pembelajaran Kooperatif, Team Investigation, LKPD

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-04-14

Terbitan

Bagian

Pendidikan Matematika