PENGEMBANGAN MEDIA BUSY BOOK UNTUK PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS I SDN 16 BANDA ACEH

Penulis

  • Suhaida Suhaida
  • Helminsyah Helminsyah
  • Cut Marlini

Kata Kunci:

Pengembangan, Media Busy Book, Keterampilan berbicara siswa

Abstrak

Hasil wawancara dengan guru kelas SD Negeri 16 Banda Aceh diketahui bahwa media pembelajaran yang digunakan pada kelas I SD kurang bervariasi , kurang menarik, dan penggunaan media busy book belum pernah digunakan terhadap keterampilan berbicara siswa, dengan pengembangan media busy book diharapkan dapat menghasilkan media pembelajaran yang menarik dan menyenangkan serta menjadi sebuah solusi untuk berbagai permasalahan dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hal demikian, media Busy Book dapat dikatakan valid digunakan dalam proses pembelajaran di kelas I SD. Hal tersebut yang mendorong peneliti untuk melakukan penelitian dengan judul “Pengembangan Media Pembelajaran Busy Book Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa kelas I SD Negeri 16 Banda Aceh. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: bagaimana mengembangkan media pembelajaran Busy Book yang valid digunakan untuk pembelajaran keterampilan berbicara siswa kelas I SD Negeri 16 Banda Aceh?. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran busy book yang valid digunakan untuk pembelajaran keterampilan bercbicara siswa kelas I SD Negeri 16 Banda Aceh. Penelitian ini termasuk dalam penelitian dan pengembangan (R&D). Penelitian ini mengadaptasi prosedur pengembangan dari  Thiagarajan yaitu model pengembangan perangkat 4D (four-D). Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah angket kuesioner untuk para ahli media, yaitu dari aspek konten, kegrafikan dan kedalaman media. Data hasil penelitian dianalisis dengan teknik analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian berupa hasil penilaian  validator 1 mendapatkan nilai  rata–rata 3,9 dan kategori penilaian adalah “Valid digunakan”.  hasil penilaian validator 2 mendapatkan nilai  rata–rata 3,6 dan kategori penilaian adalah “Valid digunakan”. dan validator 3 diperoleh nilai  rata–rata 4,03 dan kategori penilaian adalah “Valid digunakan. Dengan demikian, media Busy Book dapat dikatakan valid digunakan digunakan untuk pembelajaran keterampilan berbicara siswa kelas I SD Negeri 16 Banda Aceh.

Diterbitkan

2021-03-02

Terbitan

Bagian

Pendidikan Guru Sekolah Dasar