PENGGUNAAN MEDIA EXPLOSION BOX TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA NYARING SD NEGERI 69 BANDA ACEH

Penulis

  • Nani Efiani
  • Zaki Al Fuad
  • Cut Marlini

Kata Kunci:

keterampilan membaca nyaring, media explosion box

Abstrak

Berdasarkan informasi yang diperoleh dari guru kelas II SD Negeri 69 Banda Aceh keterampilan membaca nyaring siswa kelas II masih rendah, dikarenakan dalam proses pembelajaran di kelas siswa kurang memperhatikan guru ketika menjelaskan didepan kelas dengan kata lain penggunaan metode tidak bervariasi sehingga kurang menarik perhatian siswa dan minimnya penggunaan media yang mengakibatkan siswa menjadi bosan  pembelajaranpun menjadi tidak efektif. Hal tersebut membuat siswa kurang termotivasi dalam kegiatan pembelajaran yang mengakibatkan keterampilan membaca nyaring rendah. Mencermati adanya permasalahan tersebut perlu adanya pemanfaatan media sebagai salah satu fasilitas pembelajaran yang dapat meningkatkan keterampilan membaca nyaring siswa. Salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa adalah explosion box. Berdasarkan permasalahan di atas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah terdapat peningkatan keterampilan membaca nyaring melalui media explosion box pada siswa kelas II SD Negeri 69 Banda Aceh?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan membaca nyaring melalui media explosion box pada siswa kelas II SD Negeri 69 Banda Aceh. Populasi yang dugunakan dalam penelitian yaitu kelas IIA dan IIB SD, sedangkan sampel yang digunakan adalah kelas IIA SD Negeri 69 Banda Aceh. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, desain eksperimen yang digunakan adalah penelitian true experimental designs dengan bentuk pretest- posttest control design. Metode pengumpulan data dalam penelitian observasi dan tes keterampilan. Dari analisis data diketahui bahwa signifikansi sebesar 0,000. Nilai signifikansi yang menunjukkan  0,000 < 0,05 sehingga Ho ditolak. Hal  itu juga didukung oleh nilai mean kelas eksperimen sebesar  35,07 lebih besar dari pada kelas kontrol yaitu sebesar 17,24 . Berdasarkan hasil analis di atas dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan keterampilan membaca nyaaring melalui penggunaan media explosion box.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-03-02

Terbitan

Bagian

Pendidikan Guru Sekolah Dasar