PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERTIVE TIPE TEAM PAIR SOLO TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS IV DI SD NEGERI KAJHU ACEH BESAR

Penulis

  • Firza Tullah UNIVERSITAS BINA BANGSA GETSEMPENA
  • Cut Marlini
  • Zaki Al Fuad

Kata Kunci:

Model CTTPS, Hasil Pembelajaran IPA, Aceh Besar

Abstrak

Kegiatan pembelajaran IPA belum sesuai dengan tujuan yang diharapkan. Banyaknya siswa yang belum mencapai target kurikulum dilihat dari hasil ulangan siswa. Salah satu penyebabnya adalah karena kegiatan pembelajaran dilakukan secara konvensional. Guru berfungsi sebagai penguasa di kelas, sehingga siswa kurang aktif dalam mengemukakan argumentasinya. Salah satu strategi yang bisa digunakan dalam kegiatan pembelajaran, yaitu strategi pembelajaran kooperatif. Pembelajaran kooperatif merujuk pada metode pengajaran dimana para siswa bekerja dalam kelompok-kelompok kecil untuk saling membantu satu sama lainnya dalam mempelajari materi pelajaran. Strategi pembelajaran kooperatif tipe team pair solo sangat memungkinkan diterapkan pada anak SD, karena dapat melatih perkembangan dan rasa  solidaritas siswa yang akhirnya dapat meningkatkan hasil pembelajaran siswa. Tujuan  dalam  penelitian  ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran  Kooperatif Tipe Team Pair Solo (TTPS) terhadap hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SD Negeri Kajhu Aceh Besar. Jenis penelitian ini dapat digolongkan ke dalam jenis Pre-eksperimental design. Adapun rancangan/design dalam penelitian ini adalah Design One-Group Pretest-Posttest Design. Hasil penelitian terlihat berdasarkan analisis nilai T hitung sebesar 3,004, T tabel 1,682 dengan df = 42, dan p = 0,004 pada taraf kesalahan 0,05. Hasil perhitungan dapat t hitung (3,004) > t tabel (1,682) berarti H0 ditolak dan Ha diterima, selanjutnya jika dilihat dari nilai signifikan, P-Value P(0,004) < Alpha 0,05 berarti kita menolak H0 dan Ha diterima. dari perhitungan di atas dapat kita simpulkan bahwa hipotesis diterima, artinya terdapat pengaruh model pembelajaran Cooperative Tipe Team Pair Solo (CTTPS) terhadap hasil belajar IPA pada siswa kelas IV di SDN Kajhu Aceh Besar.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-10-24

Terbitan

Bagian

Pendidikan Guru Sekolah Dasar