MENINGKATKAN KECERDASAN NATURALIS ANAK MELALUI KEGIATAN MERONCE DENGAN BAHAN ALAM PADA ANAK KELOMPOK A TK TGK CHIK DI GOGO KECAMATAN PADANG TIJI KAB. PIDIE

Penulis

  • Vivi Avivah Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Lili Kasmini Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Riza Oktariana Universitas Bina Bangsa Getsempena

Kata Kunci:

kecerdasan naturalis, meronce

Abstrak

Kecerdasan naturalis merupakan kecerdasan dalam memahami alam, yang meliputi kemampuan untuk mengidentifikasi dan mengklasifikasikan perbedaan maupun persamaan ciri-ciri diantara spesies baik flora maupun fauna. Kecerdasan naturalis diperlukan oleh setiap anak untuk mengenal dan menjaga alam dan lingkungan sekitarnya.  Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu  Bagaimana meningkatkan kecerdasan naturalis anak melalui kegiatan meronce menggunakan bahan alam pada anak kelompok A TK Tgk Chik Digogo. Tujuannya adalah  untuk  mengetahui adanya peningkatkan kecerdasan naturalis anak melalui kegiatan meronce menggunakan bahan alam pada anak kelompok A TK Tgk Chik Digogo. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi, jumlah sampel 13 anak  dan data dianalisis dengan menggunakan rumus presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada gambaran observasi aktivitas anak pada siklus I  jumlah perolehan dengan kategori belum berkembang 48% (6 anak), kategori mulai berkembang 31% (4 anak), kategori berkembang sesuai harapan 19% (2 anak),  dan kategori berkembang sangat baik 8% (1 anak).  Sedangkan pada  siklus ke II jumlah kategori belum berkembang 0 anak (6%) ,mulai berkembang 2 anak (11%), kategori berkembang sesuai harapan adalah 39% (5 anak) kategori berkembang sangat baik adalah 6 anak (44%). Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa kegiatan meronce menggunakan bahan alam dapat meningkatkan kecerdasan naturalis  anak.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-10-24

Terbitan

Bagian

Pendidikan Guru PAUD