EFEKTIVITAS METODE PROYEK TERHADAP PERILAKU PROSOSIAL KELOMPOK B2 TK KHAIRANI, ACEH BESAR

Penulis

  • Elga putro Ananda. Aj Universitas Bina Bangsa getsempena
  • Ayi Teiri Nurtiani

Abstrak

PAUD adalah upaya pemberian stimulasi oleh orang tua, pengasuh, dan masyarakat untuk menumbuh kembangkan aspek fisik motoric, moral agama, kognitif, bahasa, serta sosial emosial pada anak usia 0 dan 6 tahun ,kesenian dan keterampilan yang dibutuhkan.Berdasarkan pengamatan yang dilakukan pada pada anak usia 5 - 6 tahun di TK Khairani, Aceh Besar terlihat perilaku prososial anak belum berkembang secara maksimal, Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah peneliti kuantitatif deskriptif karena data pada penelitian berupa angkaangka dan analisis menggunakan statistik.Penelitian ini mengunakan penelitian eksperimen, populasi pada penelitian berjumlah 30 anak, pengambilan sampel ialah teknik purposive sampling, Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi , dan dokumentasi, Teknik analisis data penelitian ini dilakukan dengan menggunakan statistic non-pramentik Uji Wilcoxon . TK Khairini terletak di Kecamatan Ingin Jaya, tepatnya di Jln, Medan - Banda Aceh, Lubok Batee, Kec Ingin Jaya, yang wilayahnya termasuk kedalam wilayah Kota Aceh Besar dikelilingi perumahan masyarakat dan perkantoran. Tata tempat dan sanitasi lingkungan luar sekolah cukup baik, sedangkan sarana dan prasarana cukup memadai, mulai dari Mesjid, Puskesmas, Wisma dan Pasar. Berdasarkan pengujian hipotesis dengan menggunakan uji pihak kanan dengan taraf signifikan α= 0.050.25 maka daftar distribusi t dengan thitung= 2.776 karena thitung > ttabel, yaitu 4.85 > 2.776. Dengan demikian, Ha diterima, sehingga hipotesis dalam penelitian ini menyatakan penggunaan metode proyek efektif terhadap perilaku prososial di kelompok B2 TK Khairani, Aceh Besar.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-04-14

Terbitan

Bagian

Pendidikan Guru PAUD