PENGARUH PERMAINAN TRADISIONAL EGRANG TERHADAP KEMAMPUAN KESEIMBANGAN MOTORIK KASAR PADA SISWA SD NEGERI KARANG JADI KABUPATEN BENER MERIAH

Penulis

  • Rukiani Universitas bina bangsa getsempena
  • Irfandi Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Tuti Sarwita Universitas Bina Bangsa Getsempena

Kata Kunci:

Kata Kunci: Permainan Tradisional Egrang, Motorik Kasar, Siswa SD Negeri Karang Jadi

Abstrak

Egrang  merupakan salah satu dari sekian banyak permainan tradisional Indonesia yang perlu dilestarikan dan dipertahankan keberadaannya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian tindakan (action research) merupakan penelitian pada upaya pemecahan masalah atau perbaikan yang dirancang menggunakan metode penelitian tindakan (classroom action research) yang bersifat reflektif dan kolaboratif. Hasil penelitian  bahwa permainan egrang bathok kelapa dapat meningkatkan keterampilan motorik kasar Siswa SDN Karang Jadi Kabupaten Bener Meriah. Peningkatan keterampilan motorik kasar dapat dilihat dari hasil penelitian keseimbangan  anak pada kondisi awal sebesar 10%, pada siklus I mengalami peningkatan, keseimbangan anak menjadi 60%, pada siklus II mengalami peningkatan, keseimbangan anak menjadi 100%. Kekuatan anak pada kondisi  awal sebesar  10%,  pada siklus I mengalami  peningkatan,  kekuatan anak menjadi 60%, pada siklus II mengalami peningkatan, keseimbangan anak menjadi 80%.

 

Kata Kunci: Permainan Tradisional Egrang, Motorik Kasar, Siswa SD Negeri Karang Jadi

 

 

 

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-10-24

Terbitan

Bagian

Pendidikan Jasmani