PENGEMBANGAN MEDIA POP UP TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS 1 SD

Penulis

  • Khairal Nafisa
  • Zaki Al Fuad
  • Cut Marlini

Kata Kunci:

Media Pop Up, Keterampilam Membaca Permulaan

Abstrak

Membaca permulaan adalah tahapan proses belajar membaca bagi siswa sekolah dasar kelas awal. Siswa belajar untuk memperoleh kemampuan dan menguasai teknik-teknik membaca dan menangkap isi bacaan dengan baik. Oleh karena itu guru perlu merancang pembelajaran membaca dengan baik sehingga mampu menumbuhkan kebiasan membaca sebagai suatu yang menyenangkan. Salah satu faktor yang menyebabkan kemampuan membaca anak tergolong rendah adalah media yang dipakai oleh guru tidak menarik sehingga siswa bosan. Salah satu tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media Pop Up untuk keterampilan membaca permulaan. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Rasearch and Development), model pengembangan terdiri dari 4 tahap, yaitu: Potensi dan Masalah, Pengumpulan Data, Desain Produk, Validasi Produk. Media pembelajaran ini menggunakan angket untuk mengevaluasi kualitas media. Hasil penelitian ini berupa produk media Pop Up yang telah divalidasi oleh setiap ahli, 1. Ahli materi aspek pembelajaran dengan skor 4.3 kategori sangan baik, aspek isi skor 3.6 kategori baik. 2. Ahli media aspek tampilan dengan skor 3.7 kategori baik, aspek pemograman skor 3.75 kategori baik. 3. Ahli bahasa aspek penggunaan bahasa dengan skor 4.3 kategori sangat baik. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media Pop Up yang telah dikembangkan layak digunakan atau diuji coba dilapangan.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-03-02

Terbitan

Bagian

Pendidikan Guru Sekolah Dasar