PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI BOLA VOLI DI KELAS VII SMPN 1 SIMPANG TIGA KABUPATEN ACEH BESAR

Penulis

  • Bulia STKIP Bina Bangsa Getsempena
  • Zikrur Rahmat STKIP Bina Bangsa Getsempena
  • Irfandi STKIP Bina Bangsa Getsempena

Kata Kunci:

penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD

Abstrak

Berdasarkan latar belakang masalah, dapat ditemukan berbagai permasalahan yang ada antara lain: bahwa bola voli merupakan salah satu materi teori dan praktek yang dianggap sulit, dikarenakan setelah mengetahui teori dan perlu di praktekkan di lapangan oleh siswa, sehingga membuat siswa merasa bosan dengan kegiatan belajar, ditambah lagi kurangnya motivasi siswa untuk mengikuti cara bermain bola voli yang dianggap sulit bagi siswa hasil belajar yang diperoleh masih rendah. Menurut Sugiyono (2008:115), “Populasi adalah wilayah generalisasi  terdiri atas obyek/subyek yang mempunyai kualitas dan karakteristik tertentu. ditetapkan oleh peneliti untuk dipelajari dan kemudian ditarik kesimpulan”. Dalam penelitian ini populasinya adalah semua siswa kelas VII SMP Negeri 1 Simpang Tiga yang berjumlah 75 orang.  Menurut Sugiyono (2008:116) “sampel adalah sebagian dari jumlah dan karakteristik yang dimiliki oleh populasi tersebut”. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini random sampling yaitu dengan menggunakan acak, dimana siswa kelas VII berjumlah 3 kelas dan yang terpilih 1 kelas berjumlah 25 orang. Hasil yang penulis dapat dilapangan sudah menunjukkan bahwa dengan ada model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi bola voli yaitu 14 orang siswa, sedangkan yang tidak tuntas yaitu 11 orang. Salah satu faktor yang mempengaruhi ketuntasan belajar yaitu faktor dari guru, fasilitas dan siswa. Faktor guru yaitu guru dalam mengajarkan materi sudah sesuai dengan silabus, ketersediaan media dalam mengajar sudah ada, sedangkan faktor dari siswa yaitu dalam belajar siswa sudah termotivasi dengan gambar-gambar yang diberikan sebagai media pembelajaran, sehingga hasil yang dicapai sudah mencapai ketuntasan.

 

##submission.downloads##

Diterbitkan

2020-09-30