PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER NILAI DISIPLIN DAN NILAI TANGGUNG JAWAB DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI DI KELAS IV PADA SD NEGERI 2 SAMPOINIET
Kata Kunci:
Pendidikan Karakter, Disiplin, TanggungjawabAbstrak
Permasalahan dalam Skripsi ini yaitu Bagaimana penerapan pendidikan karakter nilai disiplin dan nilai tanggung jawab dalam mata pelajaran PJOK di Kelas IV SD Negeri 2 Sampoiniet?. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui penerapan pendidikan karakter nilai disiplin dan nilai tanggung jawab dalam mata pelajaran PJOK di Kelas IV SD Negeri 2 Sampoiniet dan untuk Mengetahui kendala penerapan pendidikan karakter nilai disiplin dan nilai tanggung jawab dalam mata pelajaran PJOK di Kelas IV SD Negeri 2 Sampoiniet. Adapun jenis Penelitian ini tergolong dalam metode Deskriptif Kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru PJOK, siswa kelas IV dan kepala sekolah SD Negeri 2 Sampoiniet. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun kesimpulan hasil penelitian tersebut adalah tingkat pemahaman guru PJOK tentang pendidikan karakter tergolong baik. Guru sudah mencantumkan nilai karakter dalam silabus dan RPP dalam perencanaan pembelajaran. Pada kegiatan pembelajaran, nilai disiplin yang terlihat selama penelitian antara lain siswa dan guru sudah disiplin dalam waktu dan mentaati peraturan. dan juga siswa sudah disiplin perilaku. Terkait nilai tanggung jawab, guru dan siswa sudah baik dalam bertanggung jawab dengan semua tindakan yang dilakukan, memenuhi kewajiban diri, dan dapat dipercaya. Evaluasi pendidikan karakter yang dilakukan oleh guru ialah dengan menilai perilaku siswa yang dilakukan setiap akhir semester.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.