ANALISIS KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK DI KELOMPOK B TK TUT WURI HANDAYANI SAMAHANI ACEH BESAR
Kata Kunci:
Membaca Permulaan, Anak Usia DiniAbstrak
Membaca merupakan kegiatan mengikuti rangkaian tulisan yang tersusun secara linier. Pengalaman merupakan aspek penting dalam proses membaca. Anak yang memiliki pengalaman yang banyak akan mempunyai kesempatan yang lebih luas dalam mengembangkan pemahaman kosa-kata dalam membaca. Rumusan masalah dalam penelitian ini Apa saja kegiatan yang dilakukan dalam melatih kemampuan membaca permulaan pada kelompok B di TK Tut Wuri Handayani Samahani Aceh Besar. Bagaimana gambaran kemampuan membaca permulaan pada kelompok B di TK Tut Wuri Handayani Samahani Aceh Besar. Apa saja kendala yang dihadapi guru dalam mengajarkan kemampuan membaca pemulaan pada anak kelompok B di TK Tut Wuri Handayani Samahani Aceh Besar. Tujuan penelitian ini adalah Untuk melihat gambaran kegiatan yang diberikan pada anak kelompok B di TK Tut Wuri Handayani Samahgani Aceh Besar. Untuk melihat kemampuan membaca permulaan pada anak kelompok B di TK Tut Wuri Handayani Samahgani Aceh Besar. Untuk mengetahui kendala yang dihadapi oleh guru terhadap kemampuan membaca permulaan pada anak kelompok B di TK Tut Wuri Handayani Samahgani Aceh Besar. Jenis penelitian adalah Penelitian kualitatif Istrumen yang digunakan adalah wawancara, jumlah sampel adalah 1 kepala sekolah dan 2 guru kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa membaca permulaan sangatlah penting bagi anak usia dini dimana akan menjadi pondasi awal dalam membaca. Guru yang mengajar di TK Tut Wuri Handayani Aceh Besar, sangatlah memahami tentang perkembangan membaca anak dan juga guru – guru di TK Tut Wuri Handayani Aceh Besar selalu menyemangati anak dengan memberikan media yang kreatif yang dapat menarik perhatian anak dalam membaca permulaan sehingga guru memberikan pembelajaran membaca permulaan dengan menggunakan sistem bermain sambil belajar.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.