ANALISIS PENANAMAN KEMAMPUAN KERJASAMA PADA ANAK KELOMPOK B TK NEGERI SITI MARYAM
Kata Kunci:
kemampuan kerjasama, anak usia 5 – 6 tahunAbstrak
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penanaman kemampuan kerjasama anak kelompok B TK Siti Maryam, apa saja kegiatan untuk menstimulasi anak kelompok B TK Siti Maryam dan kendala-kendala apa saja yang diperoleh dalam penanaman kemampuan kerjasama anak kelompok B TK Siti Maryam ? Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, yaitu data yang dikumpulkan berbentuk kata-kata, gambar, bukan angka-angka. Penelitian ini telah dilakukan di TK Negeri Siti Maryam yang terletak di Kecamatan Simpang Tiga Kabupaten Pidie. Penelitian ini telah dilakukan dari tanggal 3 sampai dengan 8 Juli 2020 dengan subjek 2 orang guru di TK Negeri Siti Maryam. Data penelitian dilakukan dengan Teknik wawancara. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa penanaman kemampuan kerjasama anak kelompok B TK Siti Maryam masih belum optimal, anak masih bergantung pada orang tua, dan belum bisa beradaptasi dengan lingkungan sekitar, kegiatan untuk menstimulasi anak kelompok B TK Siti Maryam berupa; kegiatan gotong royong rutin setiap Sabtu, permainan yang melibatkan kelompok dan kendala-kendala yang diperoleh dalam penanaman kemampuan Kerjasama anak kelompok B TK Siti Maryam adalah anak belum bisa berinteraksi dengan teman sebayanya bisa menunjukkan keaktifan dalam kegiatan yang dilakukan di sekolah. Disarankan kepada guru agar memperbaiki pembelajaran yang dikelolanya, dan mengembangkan kemampuan secara profesional (mampu mengembangkan diri atau mengembangkan pengetahuan) serta memaksimalkan penanaman kemampuan kerjasama pada anak Kelompok B TK Siti Maryam.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.