STUDENT UNDERSTANDING OF ENGLISH SUBJECT IN USING PROBLEM BASED LEARNING METHOD
Kata Kunci:
Pemahaman siswa, Problem Based learningAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemahaman siswa EFL dalam menggunakan
metode pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini menggunakan
kuantitatif dengan metode eksperimen quasi. Data hasil belajar siswa diperoleh dengan
melakukan pre-tes dan pos-tes. Partisipan penelitian adalah siswa-siswi kelas XII IIS di
SMA Negeri 1 Darul Imarah yang terdiri dari 17 siswa. Data dianalisis secara manual
dengan menggunakan rumus statistik, T-test dan T-tabel, yaitu T-test>T-table = 11,70 >
1,75. Hasil pre-tes adalah 56,25 dan pos-tes 85. Hasil tersebut menunjukkan bahwa 75%
siswa memahami pembelajaran dengan menggunakan metode Problem Based Learning.
Berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Kesimpulan penelitian ini adalah metode
pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan pemahaman bagi siswa.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.