(Using Comic Strips on Students’ Achievement in LearningProcedural Text in the Second Grade of SMA Negeri 1 Darul Imarah Aceh Besar)

Penulis

  • Khairunnisak Khairunnisak Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Salwa Chaira Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Hijjatul Qamariah Universitas Bina Bangsa Getsempena

Kata Kunci:

Komik Strip, Teks Prosedur

Abstrak

Penelitian ini fokus pada penggunaan komik strip terhadap pencapaian siswa dalam
belajar teks prosedure. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah komik strip
efektif atau tidak untuk digunakan dalam meningkatkan pencapaian siswa dalam belajar
teks prosedur dikelas dua SMA Negeri 1 Darul Imarah Aceh Besar. Peneliti menggunakan
penelitian kuantitatif eksperimental sebagai metode penelitian. Instrumen yang
digunakan dalam penelitian ini adalah tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat
perbedaan yang signifikan dari nilai menulis teks prosedur pada saat pre-tes dan post-tes.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa t-skor ()17,28) adalah lebih tinggi dari tingkat
signifikan 0,05 (2,01505) untuk satu tes. Ini berarti bahwa terdapat perbedaan yang
signifikan antara kedua tes. Hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (H0) ditolak.
Oleh karena itu, ini menjawab rumusan masalah bahwa menggunakan komik strip
meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks prosedur. Mengingat penggunaan
komik strip terhadap pencapaian menulis posedur teks siswa efektif, oleh karena itu,
disarankan kepada guru-guru bahasa Inggris harus menggunakan komik strip sebagai
media dalam belajar menulis terutama teks prosedur.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-07-20