(The Analysis of teachers’ Strategies in Lessen Students' Speaking Anxiety at MAS Lamno Aceh Jaya)

Penulis

  • Khairani Khairani Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Sri Wahyuni Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Syarfuni Syarfuni Universitas Bina Bangsa Getsempena

Kata Kunci:

Strategi guru, Ketakutan berbicara siswa

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi guru di dalam mengajar speaking.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Partisipan penelitian adalah 25
siswa dan dua guru bahasa inggris di MAS Lamno Aceh Jaya. Instrumen pengumpulan
data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan wawancara. Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi guru di dalam mengajar speaking dan
untuk mengetahui strategi siswa dalam belajar speaking. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa kedua guru bahasa inggris menggunakan beberapa startegi dalam mengajar
speaking yaitu: membuat grup, membuat aktifitas yang mudah berdasarkan pengajaran
kosakata, memberikan beberapa instruksi atau training dalam berdiskusi, membuat siswa
tetap berbicara bahasa target, bermain peran, dan mengingat kosakata. Secara
keseluruhan guru mengajar dengan baik. Kendala siwa dalam belajar speaking yaitu
siswa takut berbicara dalam bahasa inggris, siswa merasa takut ditertawakan oleh temanteman, siswa merasa gugup ketika mereka ingin berbicara bahasa inggris di depan orang
lain. Strategi siswa dalam belajar speaking dan mengatasi ketakutan dalam speaking yaitu
siswa mencoba untuk berpikir positi walaupun sedikit takut dalam belajar speaking
tetapi siswa mencoba untuk bisa lebih tenang.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-07-20