MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI MEDIA GAMBAR BERSERI PADA ANAK KELOMPOK A TK BUNGONG NANGGROE KECAMATAN PADANG TIJI KAB. PIDIE
Kata Kunci:
media gambar berseri , membaca permulaanAbstrak
Gambar berseri adalah gambar-gambar yang membentuk sebuah rangkaian cerita. Media gambar berseri adalah sejumlah gambar dimana antara satu gambar dengan gambar lainnya saling berkaitan dan membentuk sebuah alur cerita tertentu.Membaca permulaan merupakan suatu proses keterampilan dan kognitif. Proses keterampilan menunjuk pada pengenalan dan penguasaan lambang-lambang fonem, sedangkan proses kognitif menunjuk pada penggunaan lambang-lambang fonem yang sudah dikenal untuk memahami makna suatu kata atau kalimat. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah meningkatkan kemampuan membaca permulaan melalui Media Gambar Berseri Pada Anak kelompok A Di TK Bungong Nanggroe Kecamatan Padang Tiji Kabupaten Pidie?Tujuannya adalah untuk mengetahui bagaimanakah peningkatkan kemampuan membaca permulaan melalui Media Gambar Berseri Pada Anak kelompok A Di TK Bungong Nanggroe Kecamatan Padang Tiji Kabupaten Pidie. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi, jumlah sampel 12 anak dan data dianalisis dengan menggunakan rumus presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada gambaran observasi aktivitas anak pada siklus I jumlah perolehan skor dengan katagori belum berkembang 52% (6 anak), katagori mulai berkembang 31% (3 anak), katagori berkembang sesuai harapan 14% (2 anak), dan katagori berkembang sangat baik 2% (1 anak). Sedangkan Pada siklus ke II untuk katagori belum berkembang 6% (1 anak) ,mulai berkembang 16,6% (2 anak), katagori berkembang sesuai harapan adalah 37% (4 anak) katagori berkembang sangat baik adalah 39,5 % (5 anak). Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa media gambar berseri dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.