IMPROVING STUDENTS’ SPEAKING SKILL BY USING DEBATE TECHNIQUE FOR THE THIRD GRADE STUDENTS OF IPS AND IPA AT SMA NEGERI 12 BANDA ACEH

Penulis

  • Hairil Hairil Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Sri Wahyuni Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Mulyadi Syahputra Universitas Bina Bangsa Getsempena

Kata Kunci:

implementasi, peningkatan, kemampuan berbicara

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi tingkatan pengaruh dari implementasi
teknik debat dalam meningkatkan kemampuan siswa SMA Negeri 12 Banda Aceh dalam
berbicara dalam bahasa inggris. Peneliti menggunakan kuantitatif sebagai metode dalam
penelitian ini. Test dan Questionnaire meruakan instrument yang peneiliti gunakan
sekaligus sebagai teknik penumpula data. Ada pun subjek dari penelitian ini merupakan
siswa kelas 1 IPS 2 dan kelas 3 IPA 2 yang diambil secara random. Alasan penulit
mengambil subjek penelitian secara random adalah untuk menghindari hasil yang bias
dam menjamin validitas dari hasil penelitian. Hal ini dikarenakan banyak stigma di
kalangan mayoritas bahwa siswa IPA jauh lebih unggul jika dibandingkan dengan siswa
IPS. Setelah menerapkan instrumen dan menganalisa hasil dari penelitian, peneliti dapat
menyimpulkan bahwa peningkatan kemampuan siswa di SMA Negeri 12 Banda Aceh
dalam berbicara Bahasa Inggris sangat signifikan. Pada hasil pre test, sebelum penerapan
treatment berupa teknik debat, kemampuan siswa relatif renda dalam berbicara Bahasa
Inggris; sebagian dari mereka memiliki rasa tidak percaya diri untuk tampil, sulit untuk
menyampaikan ide atau gagasan, hingga masih memiliki vocabulary yang sedikit.
Namun, setelah teknik debat diterapkan, kemampuan siswa untuk berbicara dalam
bahasa inggris secara signifikan meningkat, baik dari segi kelancaran mau pun percaya
diri. Hal ini disebabkan oleh unsur-unsur dalam teknik debat yang berhasil menunjang
penampilan mereka dalam berbicara Bahasa Inggris. Dalam debat, siswa dituntut untuk
memikirkan sebuah ide dan menyampaikannya di depan orang banyak. Tidak hanya itu,
siswa juga dituntut untuk mampu merespon ide dari siswa lain dan mampu
mempertahankan idenya sendiri sehingga hal ini medorong ambisi setiap siswa untuk
bisa menampilkan yang terbaik di depan orang banyak. Dalam menyampaikan ide,
mempertahankan ide, serta merespon ide orang lain, siswa juga diajarkan bagaimana
strukur penyamapaian yang baik sehingga memiliki pola atau pegangan atau langka
dalam memetakan proses apa sajakah yang harus mereka lalui ketika berbicara dihadapa
orang lain. Oleh karena itu, sebagai hasilnya, penulis menyimpulkan bahwa implementasi
teknik debat dalam meningkatkan kemampuan berbicara dalam bahasa inggris siswa di
SMA Negeri 12 Banda Aceh sangat positif.

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2022-07-20