Analisis Keterlibatan Orang Tua terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 di Kelompok B TK Poteumeureuhom Banda Aceh

Penulis

  • Firka Yulia Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Fitriah Hayati Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Yenni Mutiawati Universitas Bina Bangsa Getsempena

Kata Kunci:

Analisis, Keterlibatan Orangtua, Pembelajaran Daring

Abstrak

Dari hasil dari wawancara awal yang dilakukan peneliti, ditemukan bahwa dari 14 orang tua, hanya 4
orang tua yang ikut terlibat dalam pembelajaran daring, sedangkan yang 10 lainnya kurang terlibat.
Didalam model pembelajaran daring peran orang tua begitu penting dalam membimbing dan
mengkontrol pembelajaran pada peserta didik. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk membuat judul
penelitian “Analisis Keterlibatan Orang Tua terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Daring Pada Masa
Pandemi Covid-19 di Kelompok B TK Poteumeureuhom Banda Aceh”. Tujuan penelitian ini yaitu
untuk untuk menganalisis Keterlibatan Orang Tua terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Daring Pada
Masa Pandemi Covid-19 di Kelompok B TK Poteumeureuhom Banda Aceh. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian dalam
penelitian ini adalah orang tua anak dan guru kelompok B di TK Poteumeureuhom Banda Aceh yang
berjumlah sebanyak 5 orang. Teknik Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, dan
dokumentasi. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa keterlibatan orang tua anak beragam, terdapat
orangtua yang terlibat dan turut andil dengan baik dalam pembelajaran daring dan sebagian orangtua
kurang terlibat dikarenakan kurang memahami teknologi, dan kurang mengerti dalam pembelajaran
daring yang di laksanakan. Pembelajaran daring dilakukan dengan mengirim pesan suara, video-video
dan pemberian tugas ke grup Whatssapp, kemudian orangtua mengirim kembali hasil pembelajaran
yang dilakukan selama daring. Keberhasilan pembelajaran daring tergantung dari respon orangtua,
bila orang tua merespon dengan baik (positif) dan terlibat aktif maka pembelajaran daring itu lebih
berhasil dibandingkan orangtua yang kurang terlibat aktif.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-07-20