Efektivitas Discovery Learning Berbantuan Video Pada Pemahaman Konsep Penjumlahan Pecahan Kelas V SD Negeri 72 Banda Aceh
Kata Kunci:
Media Video , Pemahaman Konsep PecahanAbstrak
Perkembangan global saat ini menuntut dunia pendidikan untuk selalu mengubah konsep
berpikirnya. Masa depan dengan berbagai tantangan melekatnya yang akan dihadapi oleh
umat manusia memiliki implikasi luas dan mendalam terhadap berbagai macam rancangan
pengajaran dan teknik pembelajaran. Metode pendidikan sangat perlu diperhatikan khususya
bagi para pendidik, model dan media yang tepat akan menetukan keberhasilan seorang
peserta didik dalam proses pembelajaran. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk
mengetahui penerapan model Discovery Learning meningkatkan pemahaman dan hasil
belajar kognitif perserta didik sekaligus menyelesaikan kesulitan siswa dalam pemahaman
pada materi mate-matika yaitu penjumlahan pecahan siswa kelas V SD Negeri 72 Banda Aceh.
Jenis penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif dengan rancangan penelitian “One group
Pretest Posttest Design”. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil post test lebih baik dari
hasil pre test. Hal ini ditunjukkan dari nilai t-hitung =4,88. Hasil tersebut kemudian
dikonsultasikan dengan t-tabel di mana derajat kebebasan (α) adalah 5% diperoleh t-tabel=
4,88 karena thitung > (1 –α)(n1+n2–2), berarti Ha diterima atau signifikan.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.