The Effectiveness of Video in Teaching Speakinga at SMAN 1 Baitussalam
Kata Kunci:
Video, kemampuan berbicara, suggestion and offerAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menemukan signifikansi dari penggunaan video dalam
meningkatkan keterampilan berbicara siswa Bahasa Inggris yang diuji coba pada kelas XI
SMAN 1 Baitussalam tahun ajaran 2020/2021. Peneliti menyusun materi pembelajaran dalam
bentuk video yang bersumber dari aplikasi youtube. Materi yang didesain dalam penelitian ini
adalah suggestion and offer. Batasan tujuan dari penelitian ini adalah fokus untuk menganalisis
kemampuan berbicara dalam hal pengucapan, grammar, kosakata, kefasihan dan pemahaman
dengan menggunakan materi video. Metode penelitian ini adalah metode eksperimen satu kelas
pre-test dan post-test. Subjek penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling.
Instrumen penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan tes lisan. Ada dua jenis test yang
dilakukan yaitu tes awal (Pre-test) siswa diberikan 4 teks percakapan singkat dan memilih salah
satu teks percakapan tersebut setelah itu siswa berbicara secara lisan dengan teman pasangannya.
Selanjutnya ada tes akhir (Post-test) siswa diberikan 2 teks percakapan sedikit lebih panjang dan
memilih salah satu teks yang akan ditampilkan secara lisan. Berdasarkan hasil dari pre-test dan
post-test ditemukan t-observasi -9,668 dengan menggunakan 0,05 sebagai level signifikan
dengan degree of fredom 19 (df = 20 – 1 = 19), maka diperoleh t-table 2,093 dari rata-rata skor
pre-test 43,4 dan post-test 58. Dengan begitu ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan
media video memiliki efek yang signifikan dalam meningkatkan kemampuan berbicara Bahasa
Inggris siswa pada materi pelajaran suggestion and offer.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.