UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA CEPAT DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK SKIMMING PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS III DI SDIT (ISLAM TERPADU) NURUL ISHLAH
Kata Kunci:
Kemampuan Membaca dan Teknik SkimmingAbstrak
Salah satu bidang pembelajaran bahasa di Sekolah Dasar (SD) yang memegang peranan penting adalah
pembelajaran membaca. Untuk meningkatkan keterampilan membaca efektif secara cepat dan memiliki
pemahaman yang kuat dapat dilakukan dengan pembelajaran membaca cepat. Membaca cepat merupakan
suatu keterampilan yang harus dilatih. Teknik Skimming merupakan salah satu teknik membaca yang
khusus diperlukan dalam membaca cepat dan efektif. Berdasarkan hasil wawancara yang peneliti lakukan
di kelas III, diketahui bahwa siswa kelas III SDIT Nurul Ishlah memiliki keterampilan membaca yang masih
rendah dikarenakan dalam melakasanakan proses pembelajaran guru menggunakan teknik pembelajaran
yang kurang efektif sehingga siswa jarang berlatih untuk membaca sehingga masih banyak siswa yang
masih kurang lancar dalam membaca. Oleh Karena itu dalam penelitian ini dibahas tentang aktivitas guru,
aktifitas siswa serta bagaimana peningkatan kemampuan membaca cepat siswa kelas III. Aktivitas guru
selama proses pembelajaran membaca cepat dengan menggunakan metode Skimming pada siklus I sudah
mencapai kategori baik yaitu 81,25% dan siklus II mengalami peningkatan menjadi 89,5 % dengan kategori
baik sekali. Aktivitas siswa selama proses pembelajaran dengan menggunakan teknik skimming pada
pembelajaran membaca cepat siklus I mencapai kategori cukup 70,7%. dan siklus II mengalami
peningkatan menjadi 87,5%. dengan kategori baik sekali. Adanya skor membaca cepat siswa yang hanya
mendapatkan 71,8% pada siklus I, mengalami peningkatan pada siklus II mencapai 85,5% dan penilaian
tiap aspek membaca cepat juga mengalami peningkatan.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.