(An Analysis of Teachers’ Questionning Strategies During Online Classroom Interaction)

Penulis

  • Erfan Juliadi Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Mulyadi Syahputra Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Syarfuni Syarfuni Universitas Bina Bangsa Getsempena

Kata Kunci:

Strategi pertanyaan guru, kendala guru, pembelajaran daring

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pertanyaan yang digunakan oleh guru
selama kelas daring di SMAN 1 Baitussalam. Penelitian ini menggunakan metode
deskriptif kualitatif. Partisipan penelitian adalah tiga guru bahasa inggris di SMAN 1
Baitussalam. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
observasi dan wawancara. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi
pertanyaan yang digunakan guru dan untuk mengetahui kendala guru dalam memberi
pertanyaan selama daring. Hasil penelitian dari observasi ditemukan bahwa guru
menggunakan strategi display questions, referential questions, anticipated questions,integrsting
questions and clarifying questions. Dari hasil wawancara guru menggunakan strategi
procedural questions, guru juga menggunakan display questions, guru menggunakan referential
questions, kadang-kadang guru menggunakan anticipated questions, dan juga integrating
questions dan clarifying question. Kendala guru selama pembelajaran daring yaitu koneksi
internet, banyak siswa yang tidak ada ponsel untuk belajar dan juga ketidaktertarikan
siswa dalam belajar daring.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-07-20