PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKN MELALUI MODEL TALKING STICK BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 21 BANDA ACEH

Penulis

  • Deli Ema Susana Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Helmiansyah Helmiansyah Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Aprian Subhananto Universitas Bina Bangsa Getsempena

Kata Kunci:

Talking Stick, Audio Video, Hasil Belajar.

Abstrak

Model Talking stick merupakan model pembelajaran yang menggunakan Stick sebagai alat
bantu pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi dan semnagat belajar siswa agar lebih
menyukai pelajaran PKn. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek
penelitian ini adalah siswa Kelas IV dengan jumlah siswa 23 Orang. Tujuannya adalah untuk
mengetahui penggunaan model talking stick berbantuan media audio visual pada Tema 7
Indahnya Keragaman di Negeriku SD Negeri 21 Banda Aceh dalam meningkatkan hasil
belajar. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Pengambilan data penelitian ini dilakukan
dengan menggunakan pengamatan (observasi) untuk penilaian sikap spiritual dan sosial, tes
belajar untuk penilaian kognitif ( pengetahuan) dan psikomotorik ( Keterampilan). Hasil
penelitian menunjukkan bahwa kelas IV SD Negeri 21 Banda aceh pada penilaian sikap
spiritual dengan rata-rata baik, sikap sosial dengan rata-rata baik, penilaian kognitif,
persentase tuntas 78,26% dan tidak tuntas 21,74%. Penilaian Psikomotorik dengan persentase
ketuntasan 78,26% dan tidak tuntas 21,74%. Ketuntasan Keseluruhan 18 siswa dengan
kategori tuntas, dan 5 siswa dengan kategori tidak tuntas. Berdasarkan data tersebut dapat
disimpulkan bahwa penggunaan Model talking Stick berbantuan dengan media audio video
dapat meningkatkan hasil belajar PKn siswa.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-07-20

Terbitan

Bagian

Pendidikan Guru Sekolah Dasar