(An Analysis of Teachers’ Obstacles in Implementing Distance Learning at SMP Negeri 8 Banda Aceh)

Penulis

  • Aan Iswandi Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Maulizan Maulizan Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Syarfuni Syarfuni Universitas Bina Bangsa Getsempena

Kata Kunci:

Kendala guru, Belajar jarak jauh

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kendala-kendala yang dihadapi guru ketika belajar jarak
jauh di SMPN 8 Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Partisipan
penelitian adalah tiga guru bahasa inggris di SMPN 8 Banda Aceh. Instrumen pengumpulan data
yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mengetahui kesiapan dari guru ketika belajar jarak jauh dan untuk mengetahui kendala-kendala
yang dihadapi guru ketika pembelajaran jarak jauh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesiapan
dari tiga guru bahasa inggris adalah bagus karena persiapan mereka ketika belajar jarak jauh masih
bagus. Guru secara aktif membagikan pelajaran/bahan ajar dalam sebuah grup di Whatsaap,
memastikan siswa mengerti dan guru sangat terbuka untuk siswa-siswa jika siswa tidak mengerti
maka guru ada di sekolah untuk menjumpai mereka masing-masing. Kendala-kendala dari ketiga
guru bahasa inggris pada dasarnya berasal dari siswa karena kadang-kadang siswa tidak punya
telepon seluler untuk belajar atau mereka tidak punya kuota internet, siswa sering melupakan kelas
mereka jadi mereka ketinggalan pembelajaran dan guru sering menanyakan pada diri mereka
sendiri apakah pembelajaran diterima baik oleh siswa atau tidak. Guru-guru sudah mencoba yang
terbaik untuk memastikan proses belajar mengajar berjalan dengan baik.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-07-20