PENGARUH KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMA NEGERI 1 BANDA ACEH

Penulis

  • Nisrina Nisrina Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Intan Kemala Sari Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Fitriati Fitriati Universitas Bina Bangsa Getsempena

Kata Kunci:

Berfikir Kreatif, kemampuan berfikir kreatif dan pembelajaran matematika

Abstrak

Pendidikan adalah proses pengembangan daya nalar, keterampilan dan moralitas
kehidupan pada potensi yang dimiliki oleh setiap manusia. Pendidikan merupakan kebutuhan
mutlak yang harus dipenuhi bagi kehidupan setiap manusia. berpikir kreatif adalah suatu proses
berpikir yang menghasilkan bermacam-macam kemungkinan ide dan cara secara luas dan
beragam. Kemampuan siswa dalam berpikir kreatif memungkinkan siswa tersebut memperoleh
banyak cara atau alternative penyelesaian dari suatu masalah. Meskipun terkadang terlalu banyak
cara akan menyulitkan sampai kepada hasil akhir, namun dengan banyaknya pilihan akan
memungkinkan siswa sampai kepada tujuan dibandingkan siswa yang memang benar-benar tidak
memiliki cara untuk sampai kepada solusi masalahnya. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk
mengetahui adanya pengaruh positif antara kemampuan berfikir kreatif matematis terhadap hasil belajar
siswa SMA Negeri 1 Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitantif dengan metode
assosiatif, sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Banda Aceh. Dengan
populasinya siswa kelas IX SMA Negeri 1 Banda Aceh dan sebagai sampel yang diambil dalam
penelitian ini adalah 2 kelas dari 7 kelas SMA Negeri 1 Banda Aceh. Teknik pengumpulan data yang di
gunakan adalah angket, soal tes, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan
adalah analisis data kuatitatif dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan
kesimpulan, data yang di peroleh dengan angket, tes soal dan wawancara untuk menemukan adanya
pengaruh positif kamampuan berfikir kreatif matematis hasil belajar siswa yang kemuadian dianalisis
dengan menggunakan uji korelasi dan uji regresi linear sederhana dengan menggunakan nilai rapor
dengan nilai uji korelasi =0.50 dan hasil uji regresi linear sederhana = 54,33 + 0,33X, serta hasil
penelitiannya menunjukkan (1) bahwa terdapat pengaruh positif Antara kemampuan berfikir kreatif
matematis terhadap hasil belajar matematika, (2) kemampuan berfikir berfikir kreatif matematis siswa di
SMA Negeri 1 Banda Aceh menunjukkan bahwa adanya hubungan kuat Antara kemampuan berfikir
kreatif dan hasil belajar.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-07-20