The Use of Storytelling Technique to Enhance Students’ English Speaking Ability ( An Experimental Study at SMPN 1 Kutapanjang)

Penulis

  • Sukri Yanto Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Sri Wahyuni Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Mulyadi Syahputra Universitas Bina Bangsa Getsempena

Kata Kunci:

Teknik Mendongeng, Kemampuan Berbicara.

Abstrak

Berdasarkan wawancara pendahuluan dengan guru di SMPN 1
Kutapanjang pada tanggal 15 Juni 2020, guru menyatakan bahwa
keterampilan berbicara siswa masih kurang. Hal ini disebabkan oleh
keterbatasan kelancaran, akurasi, kejelasan, intonasi, volume dan
isi. Masalah ini terjadi di sekolah karena guru jarang mengulangulang berbicara bahasa Inggris di kelas selama proses belajar
mengajar. Ada banyak teknik untuk mengajar berbicara bahasa
Inggris untuk siswa. Namun dalam penelitian ini, penulis memilih
menggunakan storytelling sebagai salah satu teknik untuk
meningkatkan kemampuan berbicara siswa di SMPN 1 Kutapanjang,
Gayo Lues. Pertanyaan penelitian dalam penelitian ini adalah
“Apakah penggunaan teknik storytelling untuk meningkatkan
kemampuan berbicara bahasa Inggris siswa di SMPN 1
Kutapanjang?”. Kemudian, objek penelitian dalam penelitian ini yaitu
penulis akan mengetahui penggunaan teknik storytelling untuk
meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Inggris siswa di SMPN
1 Kutapanjang. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan
pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode statistik.
Percobaan ini menggunakan pre-test, treatment dan post-test.
Berdasarkan kualifikasi rerata postes (posttest) juga dapat dilihat
dari hasil analisis data menggunakan perhitungan statistik yaitu
menggunakan uji t, dan dengan menguji hipotesis pada taraf
signifikan = 0,05 dan v = (n-1) dan peluang (1). -α). Dari siswa untuk
tabel distribusi, diperoleh t tabel = t _ ((1-α, n-1)) = t _ ((0,95) (24)) =
1,71, sehingga nilai t hitung > t tabel adalah 16,80 > 1,71, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa teknik bercerita efektif untuk meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Inggris siswa di SMPN 1 Kutapanjang. Bahkan, penulis berharap penelitian ini dapat menginspirasi peneliti
selanjutnya yang memiliki keinginan untuk melakukan penelitian
lain terkait dengan peningkatan storytelling di kelas. 

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-07-20