ANALISIS KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR DI KELAS VIII SMP NEGERI 2 MESJID RAYA

Penulis

  • Ilan Alfarisi Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Intan Kemala Sari Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Ahmad Nasriadi Universitas Bina Bangsa Getsempena

Kata Kunci:

Berpikir Kritis Matematematis, Bangun Ruang Sisi Datar, Facione.

Abstrak

Sebagai upaya mengimbangi kemajuan IPTEK adalah dengan pembentukan
dan peningkatan SDM yang berkualitas. Dalam hal ini, pendidikan memegang
peranan yang sangat penting dalam mewujudkannya. Pendidikan matematika
merupakan elemen yang memiliki peranan penting dalam kehidupan karena
memiliki kaitan yang sangat erat dengan realita kehidupan. Tujuan penelitian ini
dilakukan adalah untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis matematis
materi bangun ruang sisi datar pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Mesjid
berdasarkan teori Facione. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif
kualitatif dalam mendeskripsikan bagaimana keterampilan berpikir kritis
matematis siswa pada materi bangun ruang sisi datar berdasarkan model Facione.
Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 6 orang siswa.
Pengumpulan data dilakukan melalui tes, wawancara, dan observasi kemudian
data dianalisis menggunakan model analisis kualitatif Miles dan Huberman yaitu
reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil kesimpulan menunjukkan
bahwa keterampilan berpikir kritis matematis pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2
Mesjid Raya untuk setiap tingkat kemampuan matematika tinggi, sedang, dan
rendah berbeda-beda, Secara umum keterampilan berpikir kritis matematis siswa
masih tergolong rendah dan sangat rendah, hal tersebut disebabkan jawaban
siswa yang memenuhi masing-masing aspek keterampilan berpikir kritis
matematis kurang dari 62,50%. Kesimpulan bahwa sampel terpilih memiliki
prestasi matematika tinggi dikelasnya. Hal ini menunjukkan bahwa prestasi yang
tinggi belum tentu memiliki keterampilan berpikir kritis yang tinggi pula. Saran
untuk para guru sebaiknya dalam pembelajaran matematika guru selalu melatih
keterampilan berpikir kritis siswa, dengan cara pemberian soal non trivial.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-07-20