PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI MERONCE BENTUK GEOMETRI PADA ANAK KELOMPOK B4 TK NEGERI 1 BANDA ACEH
Kata Kunci:
Motorik Halus, Kegiatan Meronce, Bentuk GeometriAbstrak
Gangguan motorik pada usia pra sekolah diperkirakan dari 5-3% dan sebanyak 60% dari
kasus yang ditemukan terjadi secara spontan pada umur di bawah 5 tahun. Salah satu
kegiatan yang dapat menstimulus perkembangan motorik halus anak adalah dengan
kegiatan meronce bentuk geometri. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan
motorik halus pada anak Kelompok B4 TK Negeri 1 Banda Aceh Tahun Ajaran
2021/2022. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan
dilaksanakan di TK Negeri 1 Banda Aceh dengan jumlah 20 anak. Adapun permasalahan
dalam penelitian ini adalah belum optimalnya perkembangnya motorik halus pada
anak kelompok B4 TK Negeri 1 Banda Aceh. Setelah diberi tindakan melalui kegiatan
meronce menunjukkan peningkatan yang baik. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil
observasi pada setiap siklus. Sebagaimana hasil observasi siklus I kategori Belum
Berkembang (BB) sebanyak 7%, Mulai Berkembang (MB) sebanyak 40%, Berkembang
Sesuai Harapan (BSH) sebanyak 50%. Dan katagori Berkembang Sangat Baik (BSB) 3%
dengan tingkat ketuntasan belajar siswa masih dibawah standar ketuntasan klasikal yaitu
dengan peresentase 45 %. Sedangkan siklus II kategori Belum Berkembang (BB) sebanyak
0%, Mulai Berkembang (MB) sebanyak 10%, Berkembang Sesuai Harapan (BSH) sebanyak
45%. Dan katagori Berkembang Sangat Baik (BSB) 45% dengan tingkat ketuntasan
klasikal 95 % dari seharusnya 75%. Berdasarkan penjabaran di atas dengan adanya
kemajuan pada setiap siklus, dapat disimpulkan bahwa kegiatan meronce bentuk
geometri dapat meningkatkan motorik halus pada anak kelompok B4 TK Negeri 1 Banda
Aceh. Pembelajaran melalui kegiatan meronce bentuk geometri dapat dijadikan salah satu
alternatif pembelajaran yang dapat dikembangkan untuk meningkatkan motorik halus
anak
##submission.downloads##
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.