ANALISIS PENERAPAN BERMAIN PERAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SHALAT KELOMPOK B DI TK AL-WASHLIYAH BANDA ACEH
Abstrak
Motivasi belajar adalah seluruh daya penggerak psikis yang ada dalam diri individu siswa yang dapat memberikan dorongan untuk belajar demi mencapai tujuan dari belajar tersebut. Rumusan masalahnya adalah 1. Bagaimana penerapan bermain peran terhadap motivasi belajar shalat kelompok B di TK- Alwashliyah Banda Aceh? 2. Apa saja kegiatan yang dilakukan dalam penerapan bermain peran dalam memotivasi belajar shalat anak kelompok B tahun di TK- Alwashliyah Banda Aceh? 3. Apa saja kendala yang dihadapi oleh guru dalam menerapkan bermain peran dalam meningkatkan motivasi belajar shalat anak kelompok B di TK- Alwashliyah Banda Aceh?. Tujuannya adalah 1. Untuk mengetahui bgaimana rancangan penerapan bermain peran dalam meningkatkan motivasi belajar shalat anak usia 5-6 tahun di TK- Alwashliyah Banda Aceh. 2. Untuk mengetahui bagaimana motivasi belajar shalat anak kelompok B di TK- Alwashliyah Banda Aceh dengan penerapan bermain peran. 3. Untuk mengetahui kendala yang dihadapi oleh guru dalam menerapkan bermain peran dalam meningkatkan motivasi belajar shalat anak kelompok B di TK- Alwashliyah Banda Aceh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : Gambaran secara umum motivasi belajar shalat di TK Al-Washliyah Banda Aceh berjalan dengan baik, sehingga hal ini mendukung anak sukses dalam eksplorasi dikegiatannya yang dilakukan oleh guru dalam memberikan kegiatan mempraktekkan gerakan shalat. Kegiatan yang di lakukan oleh guru adalah dengan memberikan media pembelajaran yang bervariasi, hal ini dilakukan agaranak semangat dalam mengikuti pembelajaran yang diberikan oleh guru dalam pembelajaran gerakan shalat yang baik dan benar. Kendala yaitu pada penerapan bermain peran dalam meningkatkan motivasi belajar shalat anak adalah kemauan anak sendiri,terkadang anak tidakmau melakukan gerakan yang dicontohkan oleh guru.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.