SURVEY MODEL PEMBELAJARAN PENJASORKES DI SD 57 BANDA ACEH PADA MASA PANDEMI COVID

Penulis

  • Fitri Handayani Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Zikrur Rahmat Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Didi Yudha Pranata Universitas Bina Bangsa Getsempena

Kata Kunci:

Survey, Learning Model, Physical Education.

Abstrak

Model pembelajaran perlu ditanamkan secara maksimal sejak awal, sebelum proses pembelajaran dilakukan oleh karenanya diperlukan peran guru untuk membentuk karakter anak. Penelitian ini bertujuan agar model – model pembelajaran yang diberikan pada masa pandemi berjalan dengan lancar dan efektif digunakan untuk proses pembelajaran dan untuk menganalisis kendala apa yang di hadapi guru dalam proses pembelajaran di Sd Negeri 57 Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif yang menjadi subjek penelitian adalah guru penjasorkes,kepala sekolah dan siswa. Data yang dikumpulkan melalui tehnik wawancara dan didukung dengan data observasi dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan model dari miles dan humbernam dalam sugiyono yaitu pengumpulan data , reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1. Guru sudah berperan baik dalam proses pembelajaran dengan model yang sangat efektif digunakan pada masa pendemi covid. 2. Guru penjasorkes pun sudah membuat anak senang dan aktif dalam proses pembelajaran . 3. Kendala yang dihadapi untuk saat ini belum ada tapi tidak tahu kedepannya bagaimana karena proses belajar masa pandemi bisa seakan – akan berubah jadi kita sebagai guru harus selalu kreatif untuk menggunakan model pembelajaran agar anak- anak tidak bosen saat proses pembelajaran.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-10-16

Terbitan

Bagian

Pendidikan Jasmani