PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN TAMATIK TEMA MAKANAN SEHAT PADA SISWA KELAS V

Penulis

  • Ulva Fradilla ZF Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Lili Kasmini Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Helminsyah Universitas Bina Bangsa Getsempena

Abstrak

Salah satu media pembelajaran yang memanfaatkan teknologi digital adalah media video pembelajaran. Media pembelajaran sebuah alat bantu guru dalam menyajikan materi kepada siswa dan sebagai alat untuk menyampaikan pesan kepada siswa yang efektif dan efisien. hasil wawancara dengan guru wali kelas V SD Negeri 10 Banda Aceh mengatakan jarang menggunakan media video dalam proses pembelajaran dan hanya memanfaatkan media yang sudah ada seperti video dari youtobe dan penggunaan media video hanya digunakan pada mata pelajaran tertentu saja. Hal tersebut yang mendorong peneliti untuk melakukan pengembangan pada media video pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini: apakah produk yang dihasilkan oleh peneliti dalam pengembang media video pembelajaran tematik tema makanan sehat pada siswa kelas V, layak atau tidak digunakan pada proses pembelajaran?. Penelitian dengan menggunakan Metode Research and Development (R&D) yaitu menggunakan pendekatan ADDIE (Analysis Design Development Implementation Evaluatioin). Dengan teknik pengumpulan data wawancara dan angket (kuesioner) validasi. Hasil penelitian memperoleh dari validator ahli media hasil persentase 97,5%, ahli materi hasil persentase 100% dan respon guru 90% dengan total keseluruhan   hasil persentase memperoleh 95,83% dengan kategori “Sangat Layak”. Dengan penelitian ini media video pembelajaran tematik dikatakan valid digunakan dalam proses pembelajaran pada siswa kelas V SD Negeri 10 Banda Aceh.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-10-16

Terbitan

Bagian

Pendidikan Guru Sekolah Dasar