ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP GEOMETRI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SMA NEGERI 1 UNGGUL DARUL IMARAH

Penulis

  • Nila Fitria Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Ahmad Nasriadi Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Mik Salmina Universitas Bina Bangsa Getsempena

Kata Kunci:

Pemahaman Konsep, Geometri, Prestasi Belajar.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui serta mendeskripsikan bagaimana pemahaman konsep geometri terhadap prestasi belajar siswa di SMA Negeri 1 Darul Imarah. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yakni kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi yang bersumber dari data yang valid. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas XII di SMA Negeri 1 Unggul Darul Imarah yang dijadikan sebagai objek penelitian. Subjek penelitian dipilih dengan mempertimbangkan kemampuan subjek dalam mengkomunikasikan atau mengekspresikan pikirannya. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan, diperoleh kesimpulan bahwa pemahaman konsep geometri terhadap prestasi belajar pada siswa kelas XII hanya 38% yang benar-benar memahami konsep geometri begitu pula dengan nilai matematika siswa pada rapor sesuai dengan katagori yang telah didapatkan dari hasil penelitian pemahaman konsep Geometri. Nilai rapor dapat dikatakan nilai dari hasil belajar siswa yang diperoleh dari nilai keseharian siswa dalam mengikuti proses pembelajaran matematika baik dari ulangan maupun ujian di akhir semester, sehingga nilai rapor yang didapatkan rata-rata siswa di atas KKM atau dapat dikatakan tuntas. Dengan demikian semakin tinggi pemahaman dan penguasaan materi serta prestasi belajar maka semakin tinggi pula tingkat keberhasilan pembelajaran.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-10-16

Terbitan

Bagian

Pendidikan Matematika