UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN DENGAN PENGGUNAAN MEDIA KARTU HURUF PADA KELOMPOK B DI PAUD TULUS BUNDA ACEH BESAR

Penulis

  • Fitriana Universitas Bina Bangsa Getsampena
  • Fitriah Hayati Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Riza Oktaria Universitas Bina Bangsa Getsempena

Abstrak

Membaca permulaan adalah membaca yang diajarkan secara terpadu, yang menitik beratkan pada pengenalan huruf dan kata, menghubungkannya dengan bunyi.  Tujuannya adalah untuk mengetahui bagaimana peningkatkan kemampuan membaca permulaan anak dengan media kartu huruf pada  kelompok B di PAUD Tulus Bunda Aceh besar. Rumusan masalah yaitu bagaimana peningkatkan kemampuan membaca permulaan anak dengan media kartu huruf pada  kelompok B di PAUD Tulus Bunda Aceh besar. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Istrumen yang digunakan adalah lembar observasi, jumlah sampel adalah 16 anak  dan data dianalisis dengan menggunakan rumus presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui media kartu huruf dapat meningkatkan kemampuanmembaca permulaananak kelompok B di PAUD Tulus Bunda Aceh Besar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada gambaran observasi aktivitas anak pada siklus I  jumlah perolehan dengan kategori belum berkembang 46.66% (7 anak), kategori mulai berkembang 33.33% (5 anak) kategori berkembang sesuai harapan 13.33% (2 anak),  dan kategori berkembang sangat baik 6.66% (1 anak). Pada  siklus ke II tidak ada kategori belum berkembang, mulai berkembang 1 anak (6.66%), kategori berkembang sesuai harapan adalah 33.33% (5 anak) kategori berkembang sangat baik adalah 60% (9 anak). Pemanfaatan media kartu huruf dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-10-16

Terbitan

Bagian

Pendidikan Guru PAUD