ANALISIS KEMAMPUAN MUSIKAL PADA ANAK KELOMPOK B DI TK CUT MEUTIA BANDA ACEH

Penulis

  • Lina Amelia
  • Fitriani Fitriani

Kata Kunci:

Kemampuan musikal, anak kelompok B

Abstrak

Kecerdasan Musikal yaitu kemampuan menangani bentuk-bentuk musikal, dengan cara mempersepsi (penikmat musik), membedakan (kritikus musik), mengubah (composer), mengekspresikan (menyanyi), kecerdasan ini meliputi kepekaan pada irama, pola titi nada pada melodi, dan warna nada atau warna suara suatu lagu.  Rumusan Masalah dalam penelitian ini yaitu (1) Bagaimana gambaran kemampuan musikal pada anak kelompok B di TK Cut Meutia ?, (2) Apa saja jenis kegiatan musikal pada anak kelompok B di TK Cut Meutia?, (3) Apa saja kendala yang dihadapi guru dalam menstimulasi kemampuan musikal pada anak kelompok B di TK Cut Meutia ?, serta (4) Apa saja faktor pendukung agar tercapainya kemampuan musikal pada anak kelompok B di TK Cut Muetia Banda Aceh ?. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui (1) gambaran kemampuan musikal pada anak kelompok B di TK Cut Meutia, (2) jenis kegiatan musikal pada anak kelompok B di TK Cut Meutia, (3) kendala yang dihadapi guru dalam menstimulasi kemampuan musikal pada anak kelompok B di TK Cut Meutia serta, (4) faktor-faktor pendukung agar tercapainya kemampuan musikal pada anak kelompok B di TK Cut Meutia Banda Aceh. Metode penelitian adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan instrument wawancara dan Dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan tahap Reduksi Data, model data (data Display) dan penarikan kesimpulan (Verifikasi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan kemampuan musikal anak kelompok B dari segi bernyanyi sudah berkembang sangat baik (BSB) Sedangkan bersenandung, memainkan alat musik, memainkan alat musik dengan sikap yang benar, dan menirukan suatu irama atau lagu dengan menggunakan alat musik masih dikatakan belum berkembang. jenis kegiatan musikal pada anak kelompok B yaitu bernyanyi, senam, menari, gerak dan lagu, dan membuat alat musik dari brang bekas. kendala yang dihadapi guru yaitu terbatasnya alat musik, kurangnya pengalaman dan pemahaman guru dalam bermain alat musik, kesulitan mengatur anak yang terlalu aktif dan pemalu. Dan faktor pendukung dalam mengembangkan kemampuan musikal yaitu melalui bernyanyi, senam, menari, gerak dan lagu, dan membuat alat musik dari barang bekas.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-03-02