THE ANALYSIS OF TEAMS GAME TOURNAMENTS (TGT) METHOD IN LEARNING READING COMPREHENSION AT MAN 4 ACEH BESAR

Penulis

  • Dedek Ruslaini Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Mulyani
  • Maulizan Za

Kata Kunci:

Metode Teams Game Tournaments (TGT), Pemahaman Membaca, Reading Comprehension

Abstrak

Penelitian ini fokus pada menganalisis aktivitas siswa dan guru dalam pembelajaran keterampilan pemahaman membaca dengan menggunakan metode Teams Games Tornament (TGT) dalam pengajaran keterampilan pemahaman membaca dan menganalisis kelebihan dan kekurangan metode Teams Games Tornament (TGT) dalam pengajaran keterampilan pemahaman membaca di MAN 4 Aceh Besar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas isswa dan guru dalam keterampilan pemahaman membaca dengan menggunakan metode Teams Games Tornament (TGT) dan untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan metode Teams Games Tornament (TGT) dalam pengajaran keterampilan pemahaman membaca di MAN 4 Aceh Besar. Observasi dan wawancara digunakan sebagai instrumen. Dalam penelitian ini, peneliti mengambil seorang guru bahasa Inggris dan 20 orang siswa kelas XI MIPA sebagai subjek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas siswa dan guru dalm pembelajaran keterampilan pemahaman membaca dengan menggunakan metode TGT dilakukan dalam tiga tahap. Tahap tersebut adalah pra-mengajar, pertengahan mengajar, dan paska mengajar. Dalam pra-mengajar, ada beberapa kegiatan yang dilakukan oleh guru dan siswa. Diantaranya kegiatan menyapa, menanyakan keadaan siswa, mengecek daftar hadir siswa, menanyakan siswa tentang pelajaran sebelumnya. Selain itu pada saat mengajar, ada beberapa kegiatan, yaitu presentasi guru, mengatur kelas kedalam kelompok, memantau siswa, persiapan permainan, tahap turnamen, dan menghitung nilai siswa. Pada kegiatan paska mengajar, kegiatan dibagi menjadi dua. Pertama, guru memberikan umpan balik mengenai TGT yang dipelajari sebelumnya, dan kedua, guru dan siswa menyusun rangkuman terkait TGT sebelum mengakhiri pertemuan. Ada beberapa kelebihan menggunakan metode TGT, yaitu bermanfaat untuk membuat siswa lebih sering berkomunikasi dengan teman-temannya dalam proses pembelajaran karena merupakan kerja kelompok, dan membuat siswa lebih mengenal materi pembelajaran. Sementara itu, ada beberapa kelemahan dari TGT, yaitu guru mrnggabungkan siswa yang memiliki kemampuan akademik yang berbeda dalam satu kelompok, TGT juga membuang-buang waktu karena ada banyak hal yang perlu dipersiapkan sebelum bermain game.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-10-16

Terbitan

Bagian

Pendidikan Bahasa Inggris