ANALISIS PEMBELAJARAN MEMBACA PERMULAAN UNTUK ANAK KELOMPOK B DI TK POETEUMEUREUHOM BANDA ACEH

Penulis

  • Rafina Manik Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Harfiandi Harfiandi Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Riza Oktariana Universitas Bina Bangsa Getsempena

Kata Kunci:

Membaca Permulaan, Anak Usia Dini

Abstrak

Abstract
Preliminary reading is reading that is carried out in kindergarten which is carried out
programmatically for preschool children, starting with introducing letters and writing symbols
which emphasize the aspects of accuracy in voicing writing, proper pronunciation and intonation,
fluency and clarity of voice. The formulation of the problems in this study were (1) How was the
initial reading ability in group B at TK Poteumeureuhom Banda Aceh? (2) What are the activities
carried out in the pre-reading lesson for group B children at TK Poteumeureuhom Banda Aceh? (3) What were the obstacles faced by the teacher in teaching preliminary reading to group B at TK
Poteumeureuhom Banda Aceh? The objectives are 1) To find out how the pre-reading learning
design is for group B children in TK Poteumeureuhom Banda Aceh. 2) To find out how early
reading skills were in group B at TK Poteumeureuhom Banda Aceh. 3) To find out the obstacles
faced by the teacher in teaching preliminary reading to group B at TK Poteumeureuhom Banda
Aceh. The research method used in this research is descriptive qualitative. The sample of this
research is 6 people. The results showed that the pre-reading ability in group B at TK
Poteumeureuhom Banda Aceh was very good where the children were able to read and recognize
the letters given by the teacher, but there were still some children whose initial reading skills were
not good. The activities carried out in the pre-reading lesson for group B children at TK
Poteumeureuhom Banda Aceh were carried out using various supporting media facilities such as
letter cards, and also the demonstration method. 

Abstrak
Membaca permulaan adalah membaca yang dilaksanakan di TK yang dilakukan secara
terprogram kepada anak prasekolah, dimulai dengan mengenalkan huruf-huruf dan
lambang-lambang tulisan yang menitik beratkan pada aspek ketepatan menyuarakan
tulisan, lafal dan intonasi yang wajar, kelancaran dan kejelasan suara. Rumusan masalah
dalam penelitian ini yaitu (1) Bagaimana kemampuan membaca permulaan pada
kelompok B di TK Poteumeureuhom Banda Aceh? (2) Apa saja kegiatan yang dilakukan
dalam pembelajaran membaca permulaan untuk anak kelompok B di TK
Poteumeureuhom Banda Aceh? (3) Apa saja kendala yang dihadapi oleh guru dalam
mengajarkan membaca permulaan pada kelompok B di TK Poteumeureuhom Banda
Aceh?. Tujuannya adalah 1) Untuk mengetahui bgaimana rancangan pembelajaran
membaca permulaan untuk anak kelompok B di TK Poteumeureuhom Banda Aceh. 2)
Untuk mengetahui bagaimana kemampuan membaca permulaan pada kelompok B di TK
Poteumeureuhom Banda Aceh. 3) Untuk mengetahui kendala yang dihadapi oleh guru
dalam mengajarkan membaca permulaan pada kelompok B di TK Poteumeureuhom
Banda Aceh. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah desklriptif
kualitatif. Sampel penelitianini yaitu 6 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
Kemampuan membaca permulaan pada kelompok B di TK Poteumeureuhom Banda
Aceh sangatlah baik dimana anak sudah mampu membaca dan mengenali huruf yang
diberikan oleh guru, akan tetapi masih ada beberapa anak yang kemampuan membaca
permulaanya belum baik. Kegiatan yang dilakukan dalam pembelajaran membaca
permulaan untuk anak kelompok B di TK Poteumeureuhom Banda Aceh dilakukan
dengan menggunakan berbagai sarana media penunjang seperti : media kartu huruf, dan
juga dengan metode demonstrasi.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-08-12

Terbitan

Bagian

Pendidikan Guru PAUD