PENGGUNAAN METODE REWARD DAN PUNISHMENT DALAM MENGURANGI PERILAKU AGRESIF PADA ANAK USIA 4-6 TAHUN Di TK AS-SAJADDAH BANDA ACEH

Penulis

  • Efi Zawati Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Ayi Teiri Nurtiani Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Salmiati Salmiati Universitas Bina Bangsa Getsempena

Kata Kunci:

Metode Reward Dan Punishment, TK As-sajaddah Banda Aceh

Abstrak

Abstract
Early child education (PAUD) is a raising effort that is carried out by educational stimulation to
help physical and spiritual growth and development so that children are prepared to enter higher
education. The problem in the study is whether the use of reward ad punishment methods in
reducing aggressive behavior in 4-6 years old group A in TK As-sajaddah Banda Aceh. The
purpose of this study is to find out if the use of reward and punishment methods can reduce
aggressive behavior in group A children in TK As-sajaddah Banda Aceh. The study using
descriptive qualitative research methods, whice are summed up in words, images, instead of
numbers, this research has been on do in TK As-sajaddah which lies at neusu Banda Aceh. The
study has been conducted from 16th to july 21 st 2020, with the subject of two teachers in TK Assajaddah. Research data is done with data collection techniques that interview and observation
based on research results and it can be discerned that the use of reward methods and punishment in
TK As-sajaddah is so good and precise and can reduce aggressive behavior on the child.

Abstrak
Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) adalah suatu upaya pembinaan yang ditunjukan
kepada anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui
pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan
jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih
lanjut. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penggunaan metode reward
dan punishment dalam mengurangi perilaku agresif pada anak usia 4-6 tahun kelompok
A di TK As-sajaddah Banda Aceh?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui
apakah penggunaan metode reward dan punishment dapat mengurangi perilaku agresif
pada anak kelompok A di TKAs-sajaddah Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan
metode penelitian kualitatif deskriptif, yaitu data yang disimpulkan berbentuk kata kata,
gambar, bukan angka angka. Penelitian ini telah di lakukan di TK As-sajaddah yang
terletak di neusu Banda Aceh. Penelitian ini telah dilakukan dari tanggal 16 sampai
tanggal 21 juli 2020 dengan subjek 2 orang guru di TK As-sajaddah. Data penelitian
dilakukan dengan teknik pengumpulan data yaitu wawancara dan observasi.
Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulan bahwa penggunaan metode reward
dan punishment di TK As-sajaddah Banda Aceh sangatlah baik dan tepat serta dapat
mengurangi perilaku agresif pada anak tersebut.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-08-12

Terbitan

Bagian

Pendidikan Guru PAUD