ANALISIS PERKEMBANGAN KEMAMPUAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK KELOMPOK B DI PAUD KASIH BUNDA ATEUK LAM URA ACEH BESAR

Penulis

  • Nurhayati Nurhayati Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Fitriah Hayati Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Cut Marlini Universitas Bina Bangsa Getsempena

Kata Kunci:

Kemampuan Sosial Emosional, Anak Usia Dini

Abstrak

Abstract
Social development is the process of forming a social self (person in society), namely a person in the
family, culture, nation, and so on. As for Hurlock (2010: 250) states that social development is the
acquisition of the ability to behave in accordance with social demands. The formulation of the
problems in this study were: (1) What were the activities carried out in training the social
emotional abilities of children in group B at PAUD Ateuk Lam Ura Aceh Besar? (2) What are the
obstacles faced by the teacher in teaching to train children's social emotional skills in group B at
PAUD Ateuk Lam Ura Aceh Besar? The objectives are: (1) To see the activities carried out in
training the social emotional abilities of children in group B at PAUD Ateuk Lam Ura Aceh Besar. (2) To find out the obstacles faced by teachers in teaching to train children's social emotional skills
in group B at PAUD Ateuk Lam Ura Aceh Besar. The research method used in this research is
descriptive qualitative. The sample of this research is 2 teachers. The results showed that the
activities carried out in training the social emotional skills of children in group B at PAUD Ateuk
Lam Ura Aceh Besar were carried out by providing various supporting media that were liked by
children, namely: audio-visual media. The obstacle faced by the teacher in teaching to train
children's social emotional skills in group B at PAUD Ateuk Lam Ura Aceh Besar is that there are
still children who still do not comply with the rules given by the teacher, but the teachers have their
own way by giving special attention to facing children whose social emotional abilities are not yet
developed.

Abstrak
Perkembangan sosial merupakan proses pembentukan social self (pribadi dalam
masyarakat), yakni pribadi dalam keluarga, budaya, bangsa, dan seterusnya. Adapun
Hurlock (2010:250) mengutarakan bahwa perkembangan sosial merupakan perolehan
kemampuan berperilaku yang sesuai dengan tuntutan sosial. Rumusan masalah dalam
penelitian ini yaitu: (1) Apa saja kegiatan yang dilakukan dalam melatih kemampuan
sosial emosional anak pada kelompok B di PAUD Ateuk Lam Ura Aceh Besar ?. (2) Apa
saja kendala yang dihadapi guru dalam mengajarkan melatih kemampuan sosial
emosional anak pada kelompok B di PAUD Ateuk Lam Ura Aceh Besar ?. Tujuannya
adalah : (1) Untuk melihat kegiatan yang dilakukan dalam melatih kemampuan sosial
emosional anak pada kelompok B di PAUD Ateuk Lam Ura Aceh Besar. (2) Untuk
mengetahui kendala yang dihadapi guru dalam mengajarkan melatih kemampuan sosial
emosional anak pada kelompok B di PAUD Ateuk Lam Ura Aceh Besar. Metode
penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah desklriptif kualitatif. Sampel
penelitianini yaitu 2 orang guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kegiatan yang
dilakukan dalam melatih kemampuan sosial emosional anak pada kelompok B di PAUD
Ateuk Lam Ura Aceh Besar dilakukan dengan memberikan berbagai media penunjang
yang disukai oleh anak, yaitu : media audio visual. Kendala yang dihadapi guru dalam
mengajarkan melatih kemampuan sosial emosional anak pada kelompok B di PAUD
Ateuk Lam Ura Aceh Besar yaitu masih ada anak yang masih saja belum mematuhi
aturan yang diberikan oleh guru, akan tetapi guru memiliki caranya masing-masing
dengan memberikan perhatian yang kusus dalam menghadapi nak yang kemampuan
sosial emosionalnya belum berkembang.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-08-12

Terbitan

Bagian

Pendidikan Guru PAUD