ANALISIS PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA MATERI TEKS DRAMA UNTUK SISWA KELAS XI MIPA 6 SMAN 2 BANDA ACEH

Penulis

  • Liza Faida Royana Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Harfiandi Harfiandi Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Teuku Mahmud Universitas Bina Bangsa Getsempena

Kata Kunci:

Analisis Pembelajaran Bahasa Indonesia, Materi Teks Drama

Abstrak

Abstract
The results of preliminary observations at SMAN 2 Banda Aceh class XI MIPA 6, totaling 36
students have not been able to analyze the language of the drama text that is read or watched,
students have also not been able to demonstrate a drama script by paying attention to content and
language, students have not been able to make drama text Learning drama text averages 65 under
the minimum completeness criteria of 70. The basic competitions applied in this study are 3.19 to analyze the content and language of the drama that is read or watched and 4.19 to demonstrate a
drama script by showing the content and language. This study aims to determine how the teacher
plans to learn Indonesian on drama text material for class XI MIPA 6 SMAN 2 Banda Aceh. To
find out how the results of students' abilities in learning Indonesian in drama text for class XI
MIPA 6 SMAN 2 Banda Aceh. Qualitative research with descriptive type. Subject I was a teacher.
Data collection techniques using interviews. Data were analyzed using data collection, data
reduction, data modeling (data display), drawing / verifying conclusions. The learning process for
drama text in class XI MIPA 6 SMAN 2 Banda Aceh is carried out through a planning process
that is adjusted to the competencies to be achieved and the learning indicators. The teacher also
prepares the media and teaching methods so that students are interested in participating in the
learning process. During the learning process, the teacher explains the important elements that
must be considered in the preparation of a drama text such as the plot or plot, the characters and
characters to be displayed. The teacher also gives examples of drama texts that have been arranged
correctly to students. At the end of the lesson, the teacher conducts evaluations related to student
abilities.

Abstrak
Hasil observasi awal di SMAN 2 Banda Aceh kelas XI MIPA 6 yang berjumlah 36 siswa
belum mampu menganalisis kebahasaan teks drama yang dibaca atau ditonton, siswa
juga belum mampu mendemonstrasikan naskah drama dengan memperhatikan isi dan
kebahasaan, siswa belum mampu membuat teks drama nilai yang didapatkan pada
pembelajaran teks drama rata-rata 65 di bawah kriteria ketuntasan minimal 70. Kompetisi
dasar yang diterapkan dalam pembelajaran ini salah satunya 3,19 menganalisis isi dan
kebahasaan drama yang dibaca atau ditonton dan 4,19 mendemonstrasikan sebuah
naskah drama dengan memperlihatkan isi dan kebahasaan. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui bagaimana rencana guru dalam pembelajaran bahasa Indonesia pada materi
teks drama untuk siswa kelas XI MIPA 6 SMAN 2 Banda Aceh. Untuk mengetahui
bagaimana hasil kemampuan siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia pada teks
drama untuk siswa kelas XI MIPA 6 SMAN 2 Banda Aceh. Penelitian kualitatif dengan
jenis deskriptif. Subjek I orang guru. Teknik pengumpulan data menggunakan
wawancara. Data dianalisis dengan menggunakan pengumpulan data, reduksi data,
model data (data display), penarikan /verifikasi kesimpulan. Proses pembelajaran teks
drama pada siswa kelas XI MIPA 6 SMAN 2 Banda Aceh dilaksanakan melalui proses
perencanaan yang disesuaikan dengan kompetensi yang akan dicapai dan indikator
pembelajaran. Guru juga menyiapkan media dan metode mengajar agar siswa tertarik
mengikuti proses pembelajaran. Pada saat pembelajaran berlangsung, guru menjelaskan
unsur-unsur penting yang harus diperhatikan dalam penyusunan teks drama seperti alur
atau plot, tokoh dan karakter yang akan ditampilkan. Guru juga memberikan contoh teks
drama yang telah disusun dengan benar kepada siswa. Di akhir pembelajaran, guru
melakukan evaluasi yang berkaitan dengan kemampuan siswa.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-08-12

Terbitan

Bagian

Pendidikan Bahasa Indonesia