PENGARUH SOAL-SOAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA ASPEK KOGNITIF SISWA KELAS 2 SD NEGERI 19 BANDA ACEH

Penulis

  • Wirzan Wirzan Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Helmiansyah Helmiansyah Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Haris Munandar Universitas Bina Bangsa Getsempena

Kata Kunci:

Soal Tes, Prestasi Belajar, Aspek Kognitif

Abstrak

Abstract
The process of evaluating students' abilities in the classroom is carried out by the teacher based on
the questions from the theme books in the school. These questions can be carried out cognitive tests
on students to determine the level of student thinking, these questions also have validity, reliability
and difficulty levels of questions that have been met, can also accommodate all aspects of learning
objectives in accordance with cognitive aspects, namely knowledge, understanding, application,
analysis, synthesis, and assessment. The purpose of this study was to determine the effect of
questions on learning achievement in the cognitive aspects of the second grade students of SD Negeri 19 Banda Aceh. This type of research is a descriptive study with quantitative analysis
techniques. The population in this study was the total number of students at SDN 19 Banda Aceh,
totaling 69 people. Sampling used in this study is to use purposive sampling technique (taking
based on certain objectives). The sample of this research is devoted to Class II SDN 19 Banda Aceh,
amounting to 22 students. Data were collected through giving test questions and documentation.
The results showed that the level of student achievement on the test results showed that as many as
12 students (60 percent) of the total students passed the test results with the lowest score of 70 and
the highest 100. While 40 percent of students (8 students) failed. in taking the test with the highest
score of 60 and the lowest 0. Thus, it can be concluded that there is a relationship between the
questions and learning achievement in the cognitive aspects of the second grade students of SD
Negeri 19 Banda Aceh.

Abstrak
Proses evaluasi kemampuan siswa di kelas dilakukan oleh guru dengan berpedoman
pada soal-soal dari buku tema yang ada di sekolah. Soal-soal tersebut dapat digunakan
sebagai intrumen kognitif siswa untuk mengetahui tingkat berfikir siswa. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengaetahui pengaruh soal-soal terhadap prestasi belajar
pada aspek kognitif siswa kelas 2 SD Negeri 19 Banda Aceh. Jenis Penelitian ini adalah
penelitian deskriptif dengan teknik analisis kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini
adalah jumlah seluruh siswa SDN 19 Banda Aceh yang berjumlah 69 orang. Pengambilan
sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan teknik
purposive sampling (pengambilan berdasarkan tujuan tertentu). Sampel penelitian ini
dikhususkan kepada Kelas II SDN 19 Banda Aceh yang berjumlah 22 orang siswa. Data
dikumpulkan melalui pemberian soal tes, angket, observasi dan dokumentasi. Hasil
penelitian menunjukan bahwa tingkat prestasi siswa pada hasil tes menunjukkan bahwa
sebanyak 12 orang siswa (60 persen) dari total siswa dinyatakan lulus dalam hasil tes
dengan perolehan nilai palinng rendah 70 dan paling tinggi 100. Sedangkan 40 persen
siswa (8 siswa) dinyatakan tidak lulus dalam mengikuti tes dengan perolehan nilai paling
tinggi 60 dan paling rendah 0. Analisa hasil angket dapat dilihat bahwa skor untuk
jawaban sangat setuju sebanyak 184 dengan nilai rata-rata 8,5, skor untuk jawaban setuju
sebanyak 326 dengan nilai rata-rata 14,8, skor untuk jawaban tidak setuju sebanyak 124
dengan nilai rata-rata 5,6. Sedangkan hasil observasi yang telah dilakukan diperoleh
bahwa rata-rata siswa yang menjawab selalu sebanyak 10,3, dengan jawaban sering
sebanyak 6,5, dan selebihnya kadang-kadang dengan rata-rata 5,2. Dengan demikian,
maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara soal-soal terhadap prestasi
belajar pada aspek kognitif siswa kelas 2 SD Negeri 19 Banda Aceh.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-08-12

Terbitan

Bagian

Pendidikan Guru Sekolah Dasar