PENGARUH PERMAINAN LEGO TERHADAP KEMAMPUAN MATEMATIKA ANAK USIA DINI 5-6 TAHUN DI TKIT SYEIKH ABDURRAUF BANDA ACEH

Penulis

  • Salmiati Salmiati Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Zikrur Rahmat Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Salmiati Salmiati Universitas Bina Bangsa Getsempena

Kata Kunci:

Permainan Lego, Kemampuan Matematika

Abstrak

Abstract
The mathematical ability of children aged 5-6 years at Seikh Abdurrauf Kindergarten IT Banda
Aceh is still experiencing some problems, including the children seem unable to recognize numbers
because children are only able to say numbers but do not know what form the numbers are in. This
is due to the lack of knowledge of children about numbers and the media used is less varied to
introduce numbers to children. Therefore, the aim of the researcher is to find out the effect of Lego
games on the mathematical abilities of children aged 5-6 years in Sheikh Abdurrauf's IT
Kindergarten, Banda Aceh. This research uses a quantitative research type, this research is an
experimental research type and uses a one group pretest-posttest design. The instrument used in
this study was a test of the ability to recognize numbers through Lego games for children, which
consisted of oral and written tests, with a total sample of 20 children, consisting of 10 boys and 10
girls. The data collection techniques were carried out through tests and observations. Based on the
results of hypothesis testing using the Wilcoxon non-parametric test with a significant level of = 0.05, it was obtained sig (0.000) < 0.05, then ha was accepted. Thus, it can be concluded that the
use of lego games affects the development of the ability to recognize children's numbers at TKIT
Syeihk Abdurrauf Banda Aceh. 

Abstrak
Kemampuan matematika anak usia 5-6 tahun TK IT Seikh Abdurrauf Banda Aceh masih
mengalami beberapa masalah, diantaranya anak-anak terlihat belum mampu mengenal
angka karena anak-anak hanya mampu menyebutkan angka tetapi tidak tahu bentuk
angka yang anak-anak sebutkan itu seperti apa. Hal ini disebabkan karna kurangnya
pengetahuan anak tentang angka dan media yang digunakan kurang bervariasi untuk
mengenalkan angka pada anak. Oleh sebab itu tujuan peneliti untuk mengetaui pengaruh
permainan lego terhadap kemampuan matematika anak usia 5-6 tahun di TK IT syeikh
abdurrauf banda aceh. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif, penelitian
ini termasukjenis penelitian eksperimen dan menggunakan desain one group desain
pretest-postest. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan
mengenal angka melalui permainan lego pada anak, yang terdiri dari tes lisan dan
tulisan, dengan jumlah sampelnya sebanyak 20 anak, yang terdiri dari 10 laki-laki dan10
perempuan. Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui tes dan observasi.
Berdasarkan hasil pengujian hipotesis menggunakan uji non parametrik wilcoxon dengan
taraf signifikan α = 0,05 diperoleh sig (0,000) < α 0,05 maka ha diterima. Dengan demikian
dapat disimpulkan penggunaan permainan lego berpengaruh terhadap perkembangan
kemampuan mengenal angka anak di TKIT Syeihk Abdurrauf Banda Aceh.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-08-12

Terbitan

Bagian

Pendidikan Guru PAUD