ANALISIS KEMAMPUAN MEMBACA ALQUR’AN IQRA’ SECARA DARING PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK CUT MUTIA BANDA ACEH

Penulis

  • Nurjalita Nurjalita Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Millata Zamana Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Yenni Mutiawati Universitas Bina Bangsa Getsempena

Kata Kunci:

Membaca Al-Qur’an Iqra, Anak Usia Dini

Abstrak

Abstract
Preliminary reading is reading that is carried out in kindergarten which is carried out Al-Qur'an
is the name for the word of Allah SWT which was revealed to the prophet Muhammad SAW which
was written in a mushaf (sheet) to be used as a guide for human life which when read gets reward
(considered worship). (Athiyyah, 2015: 41). So the ability to read the Al-Qur'an what the
researcher means is the ability of children to be able to pronounce or pronounce what is written in
the holy book of the Al-Qur'an correctly according to the makraj. The formulation of the problem in
this research is (1). What is the description of the ability to read Alquran Iqra in the 5-6 year age
group at Cut Mutia Kindergarten, Banda Aceh ”(2). How is the process of implementing Alquran
Iqra learning in the 5-6 year old group at Cut Mutia Kindergarten, Banda Aceh? (3) What were
the obstacles faced by the teacher in teaching the ability to read the Alquran Iqra to the 5-6 year age
group at Cut Mutia Kindergarten, Banda Aceh? The objectives are (1) To see an overview of the
activities of reading Alquran Iqra in the 5-6 year old group at Cut Mutia Kindergarten, Banda
Aceh. (2) This is to determine the process of implementing Alquran Iqra learning in the 5-6 year
age group at Cut Mutia Kindergarten, Banda Aceh. (3) This is to determine the constraints faced
by teachers on the ability to read Alquran Iqra in the 5-6 year age group at Cut Mutia
Kindergarten, Banda Aceh. The research method used in this research is descriptive qualitative.
The sample of this research is 8 people. The results showed that the description of the condition of
reading Alqur'an Iqra 'at Cut Mutia Kindergarten Banda Aceh, that almost all children recognize
hijaiyah letters, but there are still some children who do not recognize hijaiyah letters because the
child's ability is still wrong and not correct in showing hijaiyah letters. addressed by the teacher.
Learning in reading the Alquran Iqra 'the teacher has provided learning according to the children's
abilities, but there are still some children who have not responded well to learning. The
implementation process given by the teacher in teaching reading alquran iqro at Cut Mutia
Kindergarten, Banda Aceh, is regulated in the preparation of RPPH according to the abilities of
children at Cut Mutia Kindergarten Banda Aceh. The factor that becomes an obstacle in learning
to read the Alquran Iqra is the lack of children's interest in teaching and learning, but with the use
of the right media the children will be interested in learning to read the Alquran Iqra. The obstacles
that occur in learning to read the Alquran Iqra 'are found in children who are not serious in
following the learning when the learning is given by the teacher.

Abstrak
Al-Qur’an adalah nama bagi firman Allah SWT yang diturunkan kepada nabi
Muhammad SAW yang ditulis dalam mushaf (lembaran) untuk dijadikan pedoman bagi
kehidupan manusia yang apabila dibaca mendapat pahala (dianggap ibadah). (Athiyyah,
2015: 41). Jadi kemampuan membaca Al-Qur’an yang dimaksud oleh peneliti adalah
kesanggupan anak untuk dapat melisankan atau melafalkan apa yang tertulis di dalam
kitab suci Al-Qur’an dengan benar sesuai dengan makrajnya. Rumusan masalah dalam
penelitian ini yaitu (1). Bagaimana gambaran kemampuan membaca Alqur’an Iqra pada
kelompok Usia 5-6 Tahun di TK Cut Mutia Banda Aceh” (2). Bagaimana proses
pelaksanaan pembelajaran Alqur’an Iqra pada kelompok Usia 5-6 Tahun di TK Cut Mutia
Banda Aceh? (3) Apa saja kendala yang dihadapi guru dalam mengajarkan kemampuan
membaca Alqur’an Iqra pada kelompok Usia 5-6 Tahun di TK Cut Mutia Banda Aceh?.
Tujuannya adalah (1) Untuk melihat gambaran kegiatan membaca Alqur’an Iqra pada
kelompok Usia 5-6 Tahun di TK Cut Mutia Banda Aceh. (2) Untuk mengetahui proses
pelaksanaan pembelajaran Alqur’an Iqra pada kelompok Usia 5-6 Tahun di TK Cut Mutia
Banda Aceh. (3) Untuk mengetahui kendala yang dihadapi oleh guru terhadap
kemampuan membaca Alqur’an Iqra pada kelompok Usia 5-6 Tahun di TK Cut Mutia
Banda Aceh. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah desklriptif
kualitatif. Sampel penelitianini yaitu 8 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
gambaran kondisi membaca Alqur’an Iqra’ di TK Cut Mutia Banda Aceh yaitu hampir
keseluruhan anak mengenal huruf hijaiyah, akan tetapi masih ada beberapa anak yang
belum mengenal huruf hijaiyah dikarenakan kemampuan anak yang masih salah dan
belum tepat dalam menunjukkan huruf hijaiyah yang ditujukan oleh guru. Pembelajaran
dalam membaca Alqur’an Iqra’ guru telah memberikan pembelajaran yang sesuai dengan
kemampuan anak, akan tetapi masih saja ada beberapa anak yang belum menanggapi
pembelajaran dengan baik. Proses pelaksanaan yang diberikan oleh guru dalam
mengajarkan membaca alqur’an iqro di TK Cut Mutia Banda Aceh diatur dalam
penyusunan RPPH dengan menyesuiakan kemampuan anak di TK Cut Mutia Banda
Aceh. Faktor yang menjadi kendala dalam pembelajaran membaca Alqur’an Iqra adalah
kurangnyaj ketertarikan anak dalam belajar mengajar, akan tetapi dengan penggunaan
media yang tepat maka anak akan tertarik dalam belajar membaca Alqur’an Iqra. Kendala
yang terjadi pada pembelajaran membaca Alqur’an Iqra’ adalah didapati pada anak yang
tidak serius dalam mengikuti pembelajaran ketika pembelajaran yang diberikan oleh
guru.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-08-12

Terbitan

Bagian

Pendidikan Guru PAUD